PENERAPAN METODE PENUGASAN BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA

Authors

  • Kadek Leni Herawati
  • Made Sulastri
  • I Wayan Romi Sudhita

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1467

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kemampuan berbahasa dengan metode penugasan berbantuan media kartu huruf pada anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah  anak  kelompok B di TK Negeri Pembina tahun ajaran 2012/2013. Data yang dikumpulkan dengan metode observasi tentang peningkatan kemampuan berbahasa menggunakan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu huruf dengan metode penugasan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak pada Kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun ajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan kemampuan berbahasa sebesar 25,00% dan ini terlihat dari peningkatan rerata pada siklus I adalah 55,20% yang berada pada kreteria rendah dan meningkat menjadi 80,20% pada siklus II dengan kreteria tinggi.  Ada peningkatan kemampuan berbahasa anak pada Kelompok B di TK Negeri Pembina  Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun ajaran 2012/2013 sebesar 25,00% setelah menggunakan media kartu huruf.

Kata - kata kunci :  media kartu huruf, kemampuan berbahasa, metode penugasan

 

Abstract

This study aims to knowing the improvement of the language ability through assignation method assisted with letter card media at the children of Group B in TK Negeri Pembina, Buleleng District, Buleleng Regency academic year 2012/2013. The type of the study is a class-action study which is conducted in two cycles. Each cycle consists of phases, which are action planning, execution of the action, observation or evaluation and reflection. The subjects of this study are the children of Group B in  TK Negeri Pembina, Buleleng District, Buleleng Regency academic year 2012/2013. The data collected with the method of observation about the improvement of the language ability uses descriptive-statistic data analysis. The result of the study shows that the use of letter card media through the assignment method can improve the language ability of the children of Group B in TK Negeri Pembina, Buleleng District, Buleleng Regency academic year 2012/2013. There is  improvement of language ability equal to 25.00% and it can be observed too, from the average improvement in Cycle I that reached 55.20%, which was categorized low and was improving to 80.20% on Cycle II, which is categorized high. There is improvement of the language ability of the children in TK Negeri Pembina, Buleleng District, Buleleng Regency academic year 2012/2013, equal to 25.00% after being provided with the letter card media.

Keywords : letter card media, language ability, assignation method

Downloads

Published

2013-07-10

How to Cite

Herawati, K. L., Sulastri, M., & Sudhita, I. W. R. (2013). PENERAPAN METODE PENUGASAN BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1467

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)