IMPLEMENTASI METODE MENGAJAR DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA SISWA KELOMPOK B TK WIDYA KUMARA SARI KUBUTAMBAHAN

I Gede Purnajati, Made Sulastri, Nyoman Kusmaryatni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa pada anak kelompok B Semester II Tahun pelajaran 2012/2013 di TK Widya Kumara Sari dengan menerapakan metode mengajar  dengan teknik bermain peran. Subjek penelitian dilakukan  adalah penelitian tindakan kelas yang di laksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan ,pelaksanaan tindakan ,observasi dan refleksi subjek penelitian ini adalah  16 orang anak kelompok B TK Widya Kumara Sari Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013.Dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan  Metode pengumpulan data adalah dengan metode observasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan  kemampuan berbahasa pada anak kelompok B Semester II Tahun pelajaran 2012/2013 di TK Widya Kumara Sari.  Hal ini dapat di lihat dari perolrehan  rata-rata persen kemampuan berbahasa pada siklus I sebesar 59,34% yang berada pada kategori rendah dan meningkat pada siklus II  menjadi 75,00% yang berada pada kategori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbahasa pada anak kelompok B semester II  tahun pelajaran 2012 /2013 di TK Widiya Kumara Sari dapat meningkat setelah menerapkan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak .

 

Kata Kunci : metode bermain peran, kemampuan berbahasa, anak usia dini

 

Abstract
This study aims to determine the increase in language skills in children group lessons Semester II B 2012/2013 in Kindergarten Widya Kumara Sari by applying the methods of teaching with role-playing techniques. Subjects research conducted action research which is carried on in two cycles each cycle consisting of stage action planning, action, observation and reflection of the research subjects were 16 kindergarten children in group B Widya Kumara Sari II Semester Academic Year 2012/2013.Dalam research was collected using a data collection method is the method of observation. Collected data were analyzed with descriptive statistical analysis methods. The results found that the application of the method can improve the ability to play the role of language in the child group lessons Semester II B 2012/2013 in Kindergarten Widya Kumara Sari. It can be seen from perolrehan the average percent proficiency on the first cycle of 59.34% which is in the low category and increased in the second cycle to be 75.00% which is in the category pretty. It can be concluded that the child's language skills in group B the second semester of academic year 2012/2013 in Kindergarten Widiya Kumara Sari can be increased after applying the method of playing a role can improve a child's language skills.



Keywords: method of role playing, language skills, early childhood

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/paud.v1i1.1471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini  Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 4 Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha    Crossref      


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.