Pengaruh Metode Bernyanyi Melalui Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Kelompok A TK Triamarta Kediri Tabanan Tahun Ajaran 2018/2019.

Authors

  • Ni Luh Wayan Dina Widiani .
  • Drs. I Ketut Adnyana Putra,M.Pd .
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika, S.Si., M.P .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18760

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara anak yang dibelajarkan dengan metode bernyanyi melalui media audio visual dengan kelompok anak yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada anak kelompok A TK Triamarta Kediri Tabanan Tahun Ajaran 2018/109. Desain penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A TK Triamarta Kediri Tabanan yang berjumlah 33 anak. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitnung= 21,656 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 69 diperoleh nilai ttabel = 2,0395 sehingga thitung = 21,656 > ttabel = 2,0395. Berdasarkan kriterian pengujian, maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Adapun nilai rata-rata keterampilan berbicara anak pada kelompok yang dibelajarkan dengan metode bernyanyi melalui media audio visual adalah 75,56, sedangkan pada kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional adalah 51,24. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode bernyanyi melaluui media audio visual terhadap keterampilan berbicara anak kelompok A TK Triamarta Kediri Tabanan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara anak yang dibelajarkan dengan metode bernyanyi melalui media audio visual dengan kelompok anak yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada anak kelompok A TK Triamarta Kediri Tabanan Tahun Ajaran 2018/109. Desain penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A TK Triamarta Kediri Tabanan yang berjumlah 33 anak. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitnung= 21,78 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 69 diperoleh nilai ttabel = 2,0395 sehingga thitung = 21,78 > ttabel = 2,0395. Berdasarkan kriterian pengujian, maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Adapun nilai rata-rata keterampilan berbicara anak pada kelompok yang dibelajarkan dengan metode bernyanyi melalui media audio visual adalah 75,56, sedangkan pada kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional adalah 51,24. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode bernyanyi melaluui media audio visual terhadap keterampilan berbicara anak kelompok A TK Triamarta Kediri Tabanan Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata Kunci : metode bernyanyi, media audio visual, keterampilan berbicara

This study aims to determine the significant differences in children's speaking skills learned by the singing method through audio-visual media with groups of children taught with conventional learning in group A children TK Tabanan Triamarta Kediri Academic Year 2018/109. The design of this study was a quasi-experimental study with a nonequivalent control group design. The population of this study were all children in group A TK Triamarta Kediri Tabanan, amounting to 33 children. The sample is taken by random sampling techniqueThe data obtained were analyzed using the t-test. The results of the data analysis were obtained = 21.656 while at the 5% and dk = 69 significance levels obtained ttable = 2.0395 so that t count = 21.656> t table = 2.0395. Based on the testing criteria, H_0 is rejected and H_a is accepted. The average value of children's speaking skills in the group learned by the method of singing through audio visual media is 75.56, whereas in the group that is taught by conventional learning is 51.24. Based on these results it can be concluded that there is an influence of the singing method through audio visual media on the speaking skills of children in group A TK Triamarta Kediri Tabanan Academic Year 2018/2019.
keyword : singing method, audio visual media, speaking skills

Downloads

Published

2019-07-21

How to Cite

., N. L. W. D. W., ., D. I. K. A. P., & ., G. N. S. A. S. M. (2019). Pengaruh Metode Bernyanyi Melalui Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Kelompok A TK Triamarta Kediri Tabanan Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 68–77. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18760

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>