PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTEKTUAL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK KELOMPOK B TK THE GRAND BALI BEACH

Authors

  • Ni Ketut Artamini .
  • Drs. I Ketut Ardana,M.Pd. .
  • Drs. I Nengah Suadnyana,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3035

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan bahasa setelah diterapkan model pembelajaran konstektual berbantuan media gambar pada anak kelompok B semester II di TK The Grand bali Beach Sanur tahun pelajaran 2013/2014. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 22 orang anak TK pada Kelompok B Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Data penelitian tentang perkembangan bahasa dikumpulkan menggunakan metode observasi dengan instrument berupa lembar format observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kualitatif serta metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukan bahwa terjadi peningkatan perkembangan bahasa anak dengan diterapkannya model pembelajaran konstektual berbantuan media gambar pada siklus I sebesar 65,05% yang berada pada kategori cukup tinggi atau sedang ternyata mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83,59% yang berada pada kategori tinggi. Jadi, terjadi peningkatan perkembangan bahasa anak kelompok B Semester II TK The Grand bali Beach Sanur pada penelitian siklus I dan siklus II sebesar 18,54%. Dengan demikian penelitian ini dapat dihentikan di siklus II, karena sudah sesuai dengan kriteria yang dittetapkan keberhasilan berada pada kriteria tinggi.
Kata Kunci : Model pembelajaran konstektual, media gambar, perkembangan bahasa

The aim of research is to determine improved language development after application of contextual learning model assisted media images on children in group B in the second semester of kindergarten The Grand Bali Beach Sanur academic year 2013/2014. The design of this reseach is action research conducted in two cicles. The subjects were 22 kindergarten children in Group B Second Semester Academic Year 2013/2014. Research data on language development collected by use the method of observation with the observation instrument in the form of sheet format. The data were analyzed using descriptive statistical analysis, qualitative methods, and descriptive analysis of quantitative descriptive analysis method. The results of the data analysis show that happened an increasing in child language development with the implementation of a media assisted learning model contextual image on the first cycle of 65.05 % which were in high enough category or middle category was apparently show an increasing in cycle II to 83.59 % which were in the high category. Thus, an increase in child language development group B Semester II TK The Grand Bali Beach Sanur on the research cycle I and cycle II is 18.54 %.Therefore this research can be stopped at 2nd cicles, because this isn,t accordance with decided criteria the success in the high criteria.
keyword : Contextual learning model , media images , language development

Published

2014-06-23

How to Cite

., N. K. A., ., D. I. K. A., & ., D. I. N. S. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTEKTUAL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK KELOMPOK B TK THE GRAND BALI BEACH . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3035

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>