Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan kemampuan Kognitif PAUD Kusuma 2

Ni Putu Widi Dwi Artini ., Drs. I Nengah Suadnyana,M.Pd ., Drs. I Wayan Wiarta, S.Pd., M.For. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan kemapuan kognitif dalam pengenalan konsep bilangan setelah diterapkan metode bermain berbantuan media kartu angka bergambar PAUD Kusuma 2. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 22 orang anak TK 11 anak laki-laki dan 12 anak perempuan pada Kelompok B1. Data penelitian tentang kemapuan kognitif dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrument berupa lembar format observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kualitatif serta metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak dengan diterapkannya metode bermain berbantuan media kartu angaka bergambar pada siklus I sebesar 75% yang berada kategori cukup tinggi ternyata mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89% yang berada pada kategori tinggi. Jadi, terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok B1 PAUD Kusuma 2 pada penelitian siklus I dan siklus II sebesar 14%.


Kata Kunci : Metode bermain, berbantuan media kartu angka bergambar, kemampuan kognitif.

This study aims to determine the increase of cognitive abilities in the introduction of the concept of numbers after applied playing methods assisted by cards media illustrated figures PAUD Kusuma 2. The design of this study is classroom action research that conducted in two cycles.The subjects were 22 children,11 man childs and 11 woman childs in the kindergarten of group B1 . Research of data on cognitive abilities were collected by observation with the format observation instrument sheet. The data were analyzed using descriptive statistical analysis and analysis method of descriptive qualitative and quantitative descriptive analysis. The results of data analysis indicates that the increased development of the figures illustrated in the first cycle was 75% residingsufficiently high had experienced an increase in the second cycle to 89% who are at high category. So it, there is an increase cognitive abilities of children in group B1 PAUD Kusuma 2 on research first cycle and the second cycle by 14%.
keyword : Key words: Playing Methods, cards media illustrated figures, Cognitive abilities

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i1.7532

Article Metrics

Abstract view : 211 times
PDF file view : 788 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini  Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 4 Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha    Crossref      


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.