Penerapan Picture and Picture dengan Media Puzzle untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak

Authors

  • Kadek Dwi Kusumawati .
  • Drs. I Nyoman Jampel,M.Pd .
  • Dra. Desak Putu Parmiti,MS .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3337

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan kognitif dalam kegiatan menyusun puzzle anak TK pada kelompok A di TK Shanti Kumara Singaraja dengan menerapakan picture and picture dengan media puzzle Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 10 orang Anak TK pada Kelompok A Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Data penelitian tentang perkembangan kognitif dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrumen berupa lembar format observasi dan metode wawancara dengan instrumen berupa lembar format percakapan. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis statistik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media puzzle dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK Shanti Kumara Singaraja tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rerata hasil belajar kemampuan kognitif anak pada siklus I adalah 77,00% yang berada pada kategori sedang. Rerata hasil belajar pada siklus II sebesar 89,00% dengan kriteria tinggi. Jadi terjadi peningkatan belajar sebesar 12,00%.
Kata Kunci : picture and picture, media puzzle, perkembangan kognitif

This purpose of this research to know the increase in the activities of cognitive development puzzle preparing kindergarten children in group A at Shanti Kumara Kindergarten Singaraja by applying picture and picture puzzle with the media type. The research was class act that carried out in two cycles. Subjects were 10 kindergarten Children in Group A second semester in academic year 2013/2014. Data collected research on cognitive development with the method of observation with the instrument in the form of sheets by format observation and interviews with the instrument in the form of a conversation format sheet. The data were analyzed using descriptive statistical analysis and quantitative statistical analysis methods. The results showed that the implementation of the learning puzzle media can improve the cognitive ability of children in group A Shanti Kumara Kindergarten Singaraja school year 2013/2014. It can be seen from the increase in the average child's cognitive abilities of learning outcomes in the first cycle is 77.00% which is in the medium category. The mean results of study on the second cycle of 89.00% with a high criteria. So it can conclude increase of 12.00% learning.
keyword : picture and picture, puzzle media, cognitive development

Published

2014-07-13

How to Cite

., K. D. K., ., D. I. N. J., & ., D. D. P. P. (2014). Penerapan Picture and Picture dengan Media Puzzle untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3337

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>