PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN MEDIA POHON ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK

Authors

  • Desak Putu Budiartini .
  • Drs. I Nyoman Jampel,M.Pd .
  • Nice Maylani Asril, S.Psi.,M.Psi. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3529

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B semester II di TK Kuncup Harapan Banjar tahun pelajaran 2013/2014 melalui penerapan metode pemberian tugas berbantuan media pohon angka. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah 13 anak TK pada kelompok B semester II tahun pelajaran 2013/2014. Data tentang kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok B dilanjutkan dengan menggunakan metode observasi dengan instrumen berupa lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode deskriptif kuantitaif. Berdasarkan perhitungan dan grafik polygon siklus I, dapat disimpulkan bahwa sebaran data-data peningkatan kemampuan kognitif melalui penerapan metode pemberian tugas berbantuan media pohon angka pada anak kelompok B tahun pelajaran 2013/2014 di TK Kuncup Harapan Banjar termasuk ke dalam kategori rendah. Perhitungan dan grafik polygon siklus II, dapat disimpulkan bahwa sebaran data-data peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui penerapan metode pemberian tugas berbantuan media pohon angka pada anak kelompok B tahun pelajaran 2013/2014 di TK Kuncup Harapan Banjar termasuk ke dalam kategori tinggi. Melalui penerapkan metode pemberian tugas berbantuan media pohon angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B semester II tahun pelajaran 2013/2014 di TK Kuncup Harapan Banjar, dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 23%.
Kata Kunci : metode pemberian tugas, media pohon angka, kemampuan mengenal lambang bilangan

This study aims to determine the ability of enhancing the familiar emblem on the number of children in group B in the second semester of kindergarten Buds Hope Banjar school year 2013/2014 through the application of methods of assisted task tree media figures. This research is an action research conducted in two cycles. Subjects of this study were 13 kindergarten children in group B the second semester of academic year 2013/2014. Data on the ability to know the number of children in group B emblem followed by observation using the instrument in the form of observation sheet. The data were analyzed using descriptive statistical analysis and quantitative descriptive methods. Based on the calculations and graphs polygon first cycle, it can be concluded that the distribution of the data enhancement capabilities through the application of methods of cognitive task tree media aided in the number of children in group B of the school year 2013/2014 at The buds kindergarten Hope Banjar included in the low category. Calculations and graphs polygon second cycle, it can be concluded that the distribution of the data increased ability to know the symbol of numbers through application of media-assisted methods of task tree on the rate of children in group B of the school year 2013/2014 at The buds kindergarten Hope Banjar included in the high category. Through the provision of a method to apply the task tree media aided in improving the ability to know the number emblem on the number of children in group B the second semester of academic year 2013/2014 at The buds kindergarten Hope Banjar, from the first cycle to the second cycle there was an increase of 23%.
keyword : method of assignment, media figures tree, the symbol of the ability to know numbers

Published

2014-07-20

How to Cite

., D. P. B., ., D. I. N. J., & ., N. M. A. S. (2014). PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN MEDIA POHON ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3529

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>