PENERAPAN METODE BERMAIN PUZZLE BERBANTUAN BRAIN GYM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Ni Made Ary Astuti .
  • Dra. Desak Putu Parmiti,MS .
  • Drs. Nyoman Wirya .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.2990

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal bentuk melalui penerapan pembelajaran metode bermain puzzle berbantuan brain gym pada anak kelompok B3 semester genap tahun pelajaran 2013/2014 di TK Santa Maria Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B3 semester genap tahun pelajaran 2013/2014 di TK Santa Maria Singaraja yang berjumlah 15 orang anak, terdiri dari 8 orang anak perempuan dan 7 orang anak laki-laki. Data mengenai kemampuan kognitif dalam mengenal bentuk pada anak dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dengan instrumen berupa lembar format observasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis statistik kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal bentuk dengan penerapan metode bermain puzzle berbantuan brain gym. Dari siklus I rata-rata persentase kemampuan kognitif dalam mengenal bentuk adalah 66,5% dengan kriteria sedang, sedangkan pada siklus II rata-rata persentase kemampuan kognitif dalam mengenal bentuk menjadi 88,0% dengan kriteria tinggi. Jadi peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal bentuk adalah sebesar 21,5%.
Kata Kunci : kemampuan kognitif dalam mengenal bentuk, media puzzle, metode bermain, teknik brain gym.

This study aims to determine the increase in cognitive ability to recognize shapes through the application of learning assisted method of playing puzzle Brain Gym in the child group B3 semester of academic year 2013/2014 in Santa Maria Singaraja kindergarten. This research is an action research conducted in two cycles. The subjects were children in group B3 semester of academic year 2013/2014 in Santa Maria Singaraja kindergarten totally 15 person children, consisting 8 daughters and 7 sons. Data on cognitive abilities in children in the forms collected using methods observations with instruments such as observation sheet format. The data have been obtained and analyzed using descriptive statistics method analisis and quantitative statistical analysis methods. The results of the data analysis showed that an increase in cognitive ability in the application of the method to recognize shapes by playing puzzle assisted Brain Gym. Of the first cycle of the average percentage of cognitive abilities in the forms was 66.5 % with moderate criteria, while the second cycle of the average percentage of cognitive abilities in the forms be 88.0 % with a high criteria. So the increase in cognitive ability to recognize shapes amounted to 21.5 %.
keyword : Cognitive ability to recognize shapes, puzzles media, methods of play, Brain Gym techniques

Published

2014-06-15

How to Cite

., . N. M. A. A., ., D. D. P. P., & ., D. N. W. (2014). PENERAPAN METODE BERMAIN PUZZLE BERBANTUAN BRAIN GYM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.2990

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>