PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) BERBANTUAN MEDIA KONKRET DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK

Ni Luh Mira Wintari ., Dr. I Nyoman Jampel,M.Pd ., Nice Maylani Asril, S.Psi.,M.Psi. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan sosial emosional melalui penerapan metode bermain peran berbantuan media konkret pada anak kelompok B1 TK Widya Bhakti Tua. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus.Subjek penelitian adalah 21 orang anak kelompok B semester 2 TK Widya Bhakti Tua, kemudian data penelitian tentang perkembangan sosial emosional dikumpulkan menggunakan metode observasi dengan instrumen berupa lembar format observasi.Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan deskriptif kuantitatif.Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perkembangan sosial emosional anak kelompok B1 TK Widya Bhakti Tua dari penerapan metode bermain peran berbantuan media konkret mencapai 23.43%. Pada siklus I sebesar 58.90% yang berada pada kriteria rendah mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82.33% tergolong kriteria tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran berbantuan media konkret dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional pada anak kelompok B TK Widya Bhakti Tua.
Kata Kunci : metode bermain peran, Media Konkret, perkembangan sosial emosional.

This study aims to determine the increase in social emotional development through the application of methods of playing the role of media aided concrete in group B children kindergarten Widya Bhakti Tua. This research is a classroom action research (PTK) carried out in 2 cycles of action. Subjects were 21 children in group B second half of the Old Kindergarten Widya Bhakti, then the data of research on social development emotional collected using observation method with instrument in the form of observation sheet format. Data were analyzed using descriptive statistical analysis and quantitative descriptive. Hasilanalisis data indicate that an increase in social emotional development of the in group B children kindergarten Widya Bhakti Tua application of the method of playing the role of media aided concrete reaches 23:43%. In the cycle of 58.90% which is at the low criteria increased in the second cycle into 82.33% relatively high criteria. It can be concluded that the application of the method of playing the role of media aided concrete can improve the social emotional development in children kindergarten group B Widya Bhakti Tua.
keyword : methods play a role, concrete media, social emotionaldevelopment.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/paud.v3i1.5888

Article Metrics

Abstract view : 220 times
PDF file view : 573 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini  Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 4 Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha    Crossref      


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.