Dampak Pemberian Tugas Berbantuan Video Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini

Authors

  • Ni Luh Made Dian Andriani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37601

Keywords:

Motorik Halus, Audio Visual

Abstract

Wabah Covid-19 menyebabkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar harus dilaksanakan secara daring. Namun, sekolah menerapkan system semi daring sehingga pada saat anak sekolah, pendidik dapat mengevaluasi dan mensinkronkan hasil karya pada saat full daring dan semi daring untuk mengetahui perkembangan motorik halus anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penngaruh pemberian tugas berbatuan video di masa pandemic terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini kelompok B. Rancangan eksperimen non-equivalent post-test only control group designPopulasi berdasarkan kelas B terdiri dari 3 kelas yakni B1, B2, B3 sehingga total populasi yaitu 77 orang anak. Sampel dipilih dengan metode random sampling. Data diperoleh berdasarkan metode non-tes dengan instrumen penelitian melalui lembar tes kuesioner. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, dengan melakukan uji hipotesis statistic dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan perkembangan motorik halus anak usia dini yang dibelajarkan menggunakan media audio visual dan kelompok anak yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional di TK. Jadi,  pemberian tugas di masa pandemi menggunakan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini kelompok B.

Author Biographies

Ni Luh Made Dian Andriani, Universitas Pendidikan Ganesha

PG PAUD

I Wayan Wiarta, Universitas Pendidikan Ganesha

PG PAUD

References

Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334–345.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4033.

Arsy, S. (2019). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Pemberian Tugas Di Naafi’ah Jakarta Baru Kotabumi. UIN Raden Intan Lampung.

Botutihe, S. N., Smith, M. Bin, Kasan, I. A., & Hilala, R. (2021). Strategi Pembelajaran Physical Distancing Guru PAUD dalam Menghadapi Pandemi Covid19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1536–1543.

Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2020). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 155. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011.

Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76.

Fitria, D., Wulan, D. S. A., & Yarshal, D. (2018). Pengaruh Kegiatan Handicraft Terhadap Motorik Halus Anak Tk Kelompok B Di Tk Karunia Kecamatan Tuntungan. Jurnal Tarbiyah, 25(2). https://doi.org/10.30829/tar.v25i2.369.

Foti, P. (2020). Research in distance learning in greek kindergarten schools during the pandemic of COVID-19: Possibilities, dilemmas, limitations. European Journal of Open Education and E-Learning Studies, 5(1), 19–40. https://doi.org/10.5281/zenodo.3839063.

Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Corona virus disease 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2), 119–129. https://doi.org/10.36497/jri.v40i2.101.

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013.

Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture, 12(4), 1–21. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466.

Jayawardana, H. B. ., Zahro, I., & Pertiwi, E. P. (2020). Identifikasi Kesulitan Guru Paud Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusinya. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 40–50. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6647.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541.

Maghfirah, S. (2019). Pemanfaatan Barang Bekas dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Aṭfālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 48–52. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i1.938.

Mishra, D. L., Gupta, D. T., & Shree, D. A. (2020). Online Teaching-Learning in Higher Education during Lockdown Period of COVID-19 Pandemic. International Journal of Educational Research Open, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012.

Muhdi, Nurkolis, & Yuliejantiningsih, Y. (2020). The Implementation of Online Learning in Early Childhood Education During the Covid-19 Pandemic. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 247–261. https://doi.org/10.21009/jpud.142.04.

Naciri, A., Baba, M. A., Achbani, A., & Kharbach, A. (2020). Mobile Learning in Higher Education: Unavoidable Alternative during COVID-19. Aquademia, 4(1), ep20016. https://doi.org/10.29333/aquademia/8227.

Nurkolis, N., & Muhdi, M. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212–228.

Oyedotun, T. D. (2020). Sudden change of pedagogy in education driven by COVID-19: Perspectives and evaluation from a developing country. Research in Globalization, 2(June), 100029. https://doi.org/10.1016/j.resglo.2020.100029.

Patricia, A. (2020). College Students’ Use and Acceptance of Emergency Online Learning Due to COVID-19. International Journal of Educational Research Open, 100011. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100011.

Pudyastuti, A. T., & Budiningsih, C. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Guru PAUD Selama Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1667–1675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.873.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Rici, R., & Zulminiati. (2019). Efektivitas Mozaik Bahan Alam (Sisik Ikan) Terhadap Motorik Halus Anak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajara Anak Usia Dini, 6(2), 109–113. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i2.6152.

Sahu, P. (2020). Closure of Universities Due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Impact on Education and Mental Health of Students and Academic Staff. Cureus, 2019(4), 4–9. https://doi.org/10.7759/cureus.7541

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574.

Shaleh, M., & Anhusadar, L. (2021). Kesiapan Lembaga PAUD dalam Pembelajaran Tatap Muka pada New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2158–2167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1139.

Sidabutar, R. R., & Siahaan, H. (2019). Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Pemanfaatan Media Daun dalam Kegiatan Pembelajaran. Aṭfālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 39–47. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i1.930.

Simamora, R. M. (2020). The Challenges of Online Learning during the COVID-19 Pandemic: An Essay Analysis of Performing Arts Education Students. Studies in Learning and Teaching, 1(2), 86–103. https://doi.org/10.46627/silet.v1i2.38.

Supriadi, H. (2016). Peranan Pendidikan Dalam Pengembangan Diri Terhadap Tantangan Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(2), 92–119. https://doi.org/10.32493/jk.v3i2.y2016.p%25p.

Suryastini, L. A., Wirya, I. N., & Ujianti, P. R. (2014). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Puzzle Huruf Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Anak TK. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Tiara, D. & P. (2020). Pentingnya Mengukur Kesiapan Guru Sebagai Dasar Pembelajaran Daring. Jurnal Golden Age, 04(2), 362–368.

Tirtayati, N. P. E., Suarni, N. K., Magta, M., & (2004:186), M. (2014). Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Menggambar Bebas. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1), 4.

Utomo, I. A., Ramli, M., & Furaidah. (2018). Penerapan Strategi Bermain melalui Media Busy Book untuk Meningkatkan Fisik Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1594–1598. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.12553.

Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768.

Yuningsih, A., & Hasanah, U. (2018). Penggunaan Playdogh Dalam Mengembangkan Motorik Halus. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 117–128. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i1.3408.

Downloads

Published

2021-08-07

How to Cite

Andriani, N. L. M. D., & Wiarta, I. W. (2021). Dampak Pemberian Tugas Berbantuan Video Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 334–341. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37601

Issue

Section

Articles