Instrumen Kemampuan Komparasi Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.38926Keywords:
Instruments, assessment, comparative abilityAbstract
Guru kesulitan dalam mengembangkan instrument penilaian yang valid. Hal ini menyebabkan kurangnya instrumen penilaian mengenai kemampuan komparasi yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kemampuan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan instrument kemampuan komparasi pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur RDR. Subjek uji coba penelitian yaitu 2 orang guru dan 30 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket (kuisioner) dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu uji validitas isi instrument mendapatkan kategori sangat tinggi. Hasil uji validitas mendapatkan nilai 0,361 dan uji reliabilitas mendapatkan nilai 0,84 sehingga instrument penilaian kemampuan komparasi valid. Jadi instrumen penilaian kemampuan komparasi pada anak kelompok B layak diterapkan untuk menilai kemampuan komparasi pada anak usia dini. Implikasi penelitian ini yaitu instrumen penilaian kemampuan komparasi pada anak usia dini dapat digunakan untuk menilai kemampuan komparasi pada anak usia dini.
References
Adjii, K. (2019). Instrumen penilaian kedisiplinan siswa sekolah menengah kejuruan. Assessment and Research on Education, 1(1). http://dx.doi.org/10.33292/arisen.v1i1.19.
Afinda, Aisyah, & Wijayanti. (2019). Cooperative-STAD Dengan Word Square: Dampaknya Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan Ipa Veteran), 3(1), 17 – 27. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.773.
Afrita, M., & Darussyamsu, R. (2020). Validitas Instrumen Tes Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada Materi Sistem Respirasi di Kelas XI SMA. Jurnal Mangifera Edu, 4(2). https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i2.83.
Agung, A. . (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Singaraja.
Alat, Z., & Dedeoğlu, N. Ç. (2013). Professional Development of Early Childhood Mentor Teachers in Teaching Math. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103(10). https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.244.
Antara, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Mimbar Ilmu, 24. http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21263.
Antara, P. A. (2015). Pengembangan Bakat Seni Anak Pada Taman Kanak-Kanak. Jurnal Ilmiah Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal, 10(1). https://doi.org/10.21009/JIV.1001.4.
Antara, P. A. (2018). Stimulasi Metode Permainan Kreatif Berdesain Creative Movement Dalam Menumbuhkan Kemampuan Spasial Anak Dengan Mempertimbangkan Kemampuan Anak Mempertimbangkan Budi Pekerti. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2). https://doi.org/10.21009/JPUD.122.11https://doi.org/10.21009/JPUD.122.11.
Antara, P. A. (2019). Implementasi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Holistik. VISI: Jurnal Ilmiah Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal, 14(1). https://doi.org/10.21009/JIV.1401.2.
Arif, M. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Mapel Sains melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains SD/MI. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.1.123-148.
Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen dalam suatu Penelitian. The Original Research of Mathematics, 2(1). http://dx.doi.org/10.31949/th.v2i1.571.
Asyhari, A. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Sains Berbasis Nilai-Nilai Islam Dan Budaya Indonesia Dengan Pendekatan Kontekstual. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1). https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i14.
Baidhowi. (2018). Instrumen Penilaian Sikap Sosial (Studi Penilaian Sikap Sosial pada mata pelajaran Fikih di Jurusan Tehnik dan Bisnis Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1 Patuk) Muhammad Rizal. Jurnal Edudeena, 2(1). https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.518.
Candra, I., Sulistya, N., & Prasetyo, T. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Sosial Tematik Siswa SD Kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Undiksha, 2(4). http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167.
Chan, S. W., & Ismail, Z. (2014). Developing Statistical Reasoning Assessment Instrument for High School Students in Descriptive Statistics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.943.
Darmiatun, S., & Mayar, F. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327.
Gaol, P. L., Khumaedi, M., & Masrukan, M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Percaya Diri pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1). https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16209.
Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2012). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(2). http://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50.
Herreras, E. B. (2017). Risk low math performance PISA 2012: Impact of assistance to Early Childhood Education and other possible cognitive variables. Acta de Investigación Psicológica, 7(1). https://doi.org/10.1016/j.aipprr.2017.02.001.
Hidayat, W., & Andriani, A. (2020). Pelaksanaan Penilaian Autentik Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2). https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.24922.
Hulukati, W., & Rahmi, M. (2020). Instrumen Evaluasi Karakter Mahasiswa Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.468.
Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pengembangan model penilaian pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2). https://doi.org/10.21009/jpud.122.17.
Izza, H. (2020). Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini melalui Metode Proyek. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.483.
Izzati, L., & Yulsyofriend. (2020). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1). https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.486.
Joni, J. (2016). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Berhitung dengan Permainan Dadu TK Mutiara Pekanbaru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.44.
Kartono, C. S. (2013). Pengembangan Model Instrumen Penilaian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/diksar/article/view/5423.
Khaerunnnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Instrumen Kecakapan Matematis Dalam Konteks Kearifan Lokal Budaya Banten Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.11210.
Meilinda. (2020). Implementasi Konsep Pengasuhan Dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini (Survei Di Desa Adat Serangan). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 121–129. http://dx.doi.org/10.23887/paud.v8i2.25654.
Mirnawati, M., & Basri, M. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1). https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1240.
Monica, Gorghiu, Bîzoi, & Marra. (2011). a Modern Instrument Used in Teachers ’ Training Process. Procedia Computer Science, 3(1), 563–567. https://doi.org/10.1016/j.procs.2010.12.09.
Ningsih, Y. (2018). Penilaian Sikap Sosial Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 08(02), 208–215. http://dx.doi.org/10.29080%2Fjbki.v8i2.85.
Novitasari, L., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Sikap Toleransi Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1). http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v3i1.41-52.
Nurfitriyanti, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2229.
Nurjani, Y. Y. (2019). Upaya Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting. Journal of Sport, 3(2). https://doi.org/10.37058/sport.v3i2.1026.
Oktarina, A., & Fatonah, S. (2021). Pengamatan Tentang Pembelajaran Dan Penilaian Pada Anak Usia Dini Di Era Pandemi Covid-19. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1). https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.30278.
Passolunghi, M. C., Ferreira, T. I. R., & Tomasetto, C. (2014). Math–gender stereotypes and math-related beliefs in childhood and early adolescence. Learning and Individual Differences, 34. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2014.05.005.
Peralbo-Uzquiano, M., Fernández-Abella, R., Durán-Bouza, M., José-Manuel Cotos-YáñezBrenlla-Blanco, J.-C., & Brenlla-Blanco, J.-C. (2020). Evaluation of the effects of a virtual intervention programme on cognitive flexibility, inhibitory control and basic math skills in childhood education. Computers & Education, 159. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104006.
Purnomo, H., & Wilujeng, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen Penilaian IPA Tema Indahnya Negeriku Penyempurnaan Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 67–68. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7697.
Rahayu, N. (2020). Hasil Karya Siswa Sebagai Penilaian Autentik Berbasis Kelas Di Kelompok B Usia 5-6 Tahun Tk An-Nur 1 Yogyakarta. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1). https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.17279.
Sari, K. M., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478.
Segers, M., Martens, R., & Bossche, P. Van den. (2018). Understanding how a case-based assessment instrument influences student teachers’ learning approaches. Teaching and Teacher Education, 24(7). https://doi.org/10.1016/j.tate.2008.02.022.
Siddiq, F., Hatlevik, O. E., Olsen, R. V., Throndsen, I., & Scherer, R. (2019). Taking a future perspective by learning from the past – A systematic review of assessment instruments that aim to measure primary and secondary school students’ ICT literacy. Educational Research Review, 16. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2016.05.002.
Solihah, A. N., Jubaedah, Y., & Rifa’i, M. S. S. (2020). Pengembangan Instrumen Pengukuran Perkembangan Sosial-Emosional Anak Berbasis Home-Based Childcare. Widyadari, 6(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.3517997.
Suryani. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran Dengan Model Latihan Penelitian Di Sekolah Dasar. Jurnal Pedadidakdikta, 3(2). https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/5152.
Swastrini, Antara, P. A., & Tirtayani, L. A. (2016). Penerapan Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Kelompok B1 di TK Widya Sesana Sangsit. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i2.7764.
Syafi’i, I. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Pada Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Tari Kelompok B Di Tk Hasyim Asyari Surabaya. Islamic Edukids, 3(1). https://doi.org/10.20414/iek.v3i1.3444.
Tegeh dan Jampel. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metodeogi Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills (Hots) Berorientasi Programme For International Student Asessment (Pisa) Pada Peserta Didik. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 7(1). https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069.
Utomo, I. A., Ramli, M., & Furaidah, F. (2018). Penerapan Strategi Bermain melalui Media Busy Book untuk Meningkatkan Fisik Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12). https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.12553.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://dx.doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100.
Zeptyani, & Wiarta. (2020). Pengaruh Project-Based Outdoor Learning Activity Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Perilaku Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 69–79. http://dx.doi.org/10.23887/paud.v8i2.24740.
Zuliani, D., Florentinus, T. S., & Ridlo, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1). https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16207.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)