Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Menstimulasi Kemampuan Lokomotor Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Putu Yasri Purnama Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nice Maylani Asril Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Ayu Puteri Handayani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35570

Keywords:

Video Gerak dan lagu, lokomotor

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu belum banyaknya media pembelajaran yang mengakibatkan kurang bervariasinya metode pengajaran guru secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan dan kelayakan video pembelajaran gerak dan lagu untuk anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu 2 ahli instrumen, 2 ahli materi dan 2 ahli media. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu data kualitatif yang dikoversi menjadi data kuantitatif. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyisis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), namun pada penelitian ini tahapan yang dilaksanakan hanya sampai tahap development. Adapun hasil analisis data yaitu nilai CVR adalah 1,00 dan CVI adalah 1,00. Hal ini menunjukkan bahwa skala nilai ini berada di rentang skor 0,80-1,00 yang berarti bahwa validasi isi sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan video pembelajaran gerak dan lagu sangat layak digunakan untuk memasuki tahap efektivitas media pada pembelajaran untuk menstimulasi kemampuan lokomotor anak usia 5-6 tahun.

Author Biographies

Putu Yasri Purnama Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Nice Maylani Asril, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Dewa Ayu Puteri Handayani, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

Ahdan, S., Putri, A. R., & Sucipto, A. (2020). Aplikasi M-Learning Sebagai Media Pembelajaran Conversation Pada Homey English. Sistemasi, 9(3), 493. https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i3.884.

Andriani, E. Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar ( The Development of Animation Video Learning Media to Increase High Order Thinking Skills and Learning Outcomes in Primary School ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 509, 31–36.

Anggriawan, N. (2015). Peran Fisiologi Olahraga Dalam Menunjang Prestasi. Jurnal Olahraga Prestasi, 11(2), 114694. https://doi.org/10.21831/jorpres.v11i2.5724.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.

Carolin, L. L., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2020). Jurnal Kejaora : Jurnal Kesehatan Jasmani dan Olah Raga. Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olahraga, 5(2), 12–18. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.931.

Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 4(2), 10–38. https://doi.org/10.30829/raudhah.v4i2.52.

Fitrianti, D. (2013). Mengembangkan Kegiatan Gerak Dan Lagu Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Teratai, 2(3), 1–6.

Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575.

Hasmira, Anwar, & Yusuf, M. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa kelas Kelas IV di SD Negeri 1 Ngapa. Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS, 1(2), 128–137. https://doi.org/10.33772/jwkp-ips.v1i2.7452.

Hidayat, A. (2017). Peningkatan Aktivitas Gerak Lokomotor, Nonlokomotor Dan Manipulatif Menggunakan Model Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 21. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8175.

Lestari, E., Muslihin, H. Y., & Mulyana, E. H. (2019). Balap Karung Mengambil Bola Di Kelompok B Tk Negeri Pembina Kota Tasikmalaya. 3(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/jpa.v3i1.26662.

MAHMUD, B. (2019). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177.

Media, P., Binatang, V., Motorik, T., Anak, K., Permata, T. K., & Surabaya, B. (2009). Pengaruh Media Video Binatang Terhadap Motorik Kasar Anak Kelompok A Tk Permata Bunda Surabaya Hayatun Nufus Azizah PG PAUD , Fakultas Ilmu Pendidika, Universitas Negeri Surabaya , Email : hanufazizah@gmail.com Sri Setyowati PG PAUD , Fakultas Ilmu Pend.

Mulyani, N. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Bermain Gerak Dan Lagu Di TK Negeri Pembina Kabupaten Purbalingga. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 13–24. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v4i1.1961.

Neyfa, B. C., & Tamara, D. (2016). Perancangan Aplikasi E-Canteen Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Object Oriented Analysis & Design ( OOAD ). British Medical Journal, 1(6001), 107–109. https://doi.org/10.1136/bmj.1.6001.107.

Ningsih, E. (2013). Penggunaan Metode Bermain Peran Dalam Menumbuhkan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nopiyanto. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-An Dalam Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(September), 139–148. https://doi.org/ 10.24036/sporta.v5i2.140.

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Pabunga, D. B., & Saputra, H. N. (n.d.). ( TRAINING OF BLOG DEVELOPMENT AS A MEDIUM IN VOCATIONAL LEARNING ) Jurnal Berdaya Mandiri. 1, 336–344. https://doi.org/ 10.31316/jbm.v2i2.655.

Intan, A. A. I., Lastari, A., Gading, I. K., Antara, P. A., (2016). Audiovisual Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Kelompok B. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Iniversitas Pendidikan Ganesha, 4(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/paud.v4i2.7703.

Pradipta, G. D. (2017). Strategi Peningkatan Keterampilan Gerak untuk Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak B. Jendela Olahraga, 2(1), 140–147.

Prahesti, S. I., Taulany, H., & Dewi, N. K. (2019). Gerak dan Lagu Neurokinestetik (GELATIK) untuk Menumbuhkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.289.

Pratiwi, B., & Puspito Hapsari, K. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238.

Rose, J. A., O’Meara, J. M., Gerhardt, T. C., & Williams, M. (2016). Gamification: using elements of video games to improve engagement in an undergraduate physics class. Physics Education, 51(5). https://doi.org/10.1088/0031-9120/51/5/055007.

S., T. S., Nasirun, M., & D, D. (2020). Aplikasi Gerak Lokomotor Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Kelompok B1. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1. https://doi.org/10.33369/jip.5.1.16-24.

Srirahayu, R. R. Y., & Arty, I. S. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran Fisika berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 168–181. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.20270.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan dengan Model ADDIE. Seminar Nasional Riset Inovatif IV, 208–216.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16.

Wijirahayu, S., & Syarif, M. S. (2019). Pengembangan Multimedia Integratif Bahasa Inggris untuk Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal SOLMA, 8(2), 317. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3093.

Wulandari, M., Asmawi, M., & Karnadi, K. (2021). Hubungan Status Gizi dan Aktivitas Bermain melalui Keterampilan Gerak Dasar Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1706–1717. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.965.

Wuryanti. (2016). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055.

Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 232–245. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055.

Downloads

Published

2021-07-06

How to Cite

Dewi, P. Y. P., Asril, N. M., & Handayani, D. A. P. (2021). Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Menstimulasi Kemampuan Lokomotor Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 32–42. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35570

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>