Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan pada Anak Usia Dini Melalui Media Gambar Berseri
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36877Keywords:
Language Skills, Learning Media, DevelopmentAbstract
Kemampuan berkomunikasi secara lisan merupakan hal penting yang harus diajarkan sejak dini. Namun, permasalahan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa lisan anak-anak masih sangat kurang dan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa secara lisan belum pernah dikembangkan apalagi diterapkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengembangan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak kelompok B taman kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model ADDIE, yang pada pelaksanaannya hanya sampai pada tahap pengembangan saja. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah pengumpulan data primer dengan instrumen penelitian adalah angket kuesioner. Subjek penelitian yaitu ahli berjumlah 4 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kualitatif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran gambar berseri ini valid dan layak untuk diterapkan. Berdasarkan uji validitas materi dan media, dengan rata-rata nilai CVR 1,00 dan nilai CVI 1,00. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak usia dini memiliki 3 tahapan dan dinilai valid serta layak untuk diterapkan. Implikasi penelitian ini yaitu media yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan pada siswa usia dini.
References
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33.
Apriyanti, H. (2019). Pemahaman Orang Tua Terhadap Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini. Education. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 3(1). https://doi.org/10.31537/ej.v3i1.137.
Arif, L., & Samidjo, S. (2018). Hubungan Antara Sikap Belajar Dan Motivasi Belajar Kejuruan Dengan Hasil Belajar Gambar Teknik. Jurnal Taman Vokasi, 6(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30738/jtv.v6i1.2865.
Ayu, S. M., & Junaidah, J. (2019). Pengembangan Akhlak pada Pendidikan Anak Usia Dini. AL-IDARAH: Jurnal Kependidikan Islam, 8(2). https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i2.3092.
Cristy, Y. (2017). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2).
Dames, I., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Penerapan Model Examples Non Examples Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema 1 Siswa Kelas 5 SDN Sidorejo Lor 05. Jurnal Basicedu, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.59.
Diningtias, R. dan S. M. (2019). Metode Bercerita Berbasis Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Pengenalan Konsep Waktu pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 12(03).
Febiharsa, D., & Djuniadi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1). https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590.
Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197.
Fitriani, D., Fajriah, H., Rahmita, W., Islam AnakUsia Dini, P., Islam Negeri Ar-Raniry, U., Aceh, B., & Kanak-kanak Dharma Wanita, T. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Obsesi.or.Id, 4(1).
Handayani, R., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu Undiksha, 25(1), 120–131. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767.
Hanum, R. (2017). Evaluasi Pendidikan Anak Usia Dini. Pionir: Jurnal Pendidikan, 6(2).
Hidayah, N., Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1).
Indriastuti, F. (2017). KONTRIBUSI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO AKSI TERHADAP PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Kwangsan, 5(1). https://doi.org/10.31800/jtpk.v5n1.p51--63.
Jenilan, J. (2018). FILSAFAT PENDIDIKAN. EL-AFKAR : Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis, 7(1). https://doi.org/10.29300/jpkth.v7i1.1588.
Khotijah. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Elementary, 2(2). Retrieved from https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/strategi-pengembahan-bahasa-anak-usia-dini
Koedoes, Y. A., Abubakar, S. R., Nadzirin, M., & Nur, A. (2020). Solusi Pembelajaran Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Terapan, 2(2). Retrieved from http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPMIT/article/view/14856.
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541.
Kurniawati, D. (2019). Keefektifan Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Flash Card. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 59. https://doi.org/10.37484/manajemen_pelayanan_hotel.v2i2.40.
Lawshe, C. H. (1985). Inferences From Personnel Tests and Their Validity. Journal of Applied Psychology, 70(1). https://doi.org/10.1037/0021-9010.70.1.237.
Lestari, N. M. C. P., Sutama, I. M., & Utama, I. D. G. B. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BAGI PEBELAJAR BIPA PEMULA DI UNDIKSHA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(1). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i1.20535.
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630.
Mardati, Asih, & Wangit. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Gambar Dengan Teknik Make A Match Untuk Kelas 1 SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 120– 132. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6532.
Mulyaningtyas, R. (2019). Stimulasi Dalam Memaksimalkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 3(1). https://doi.org/10.21274/martabat.2019.3.1.121-140.
Musanna, A., Wibowo, U. B., & Hastutiningsih, A. D. (2017). INDIGENISASI PENDIDIKAN: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1). https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.529.
Nababan, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan Addie Di Kelas Xi Sman 3 Medan. Jurnal Inspiratif, 6(1).
Nuraeni, S., Maesaroh, A., & Sumitra, A. (2019). Optimalisasi Keterampilan Berbicara Untuk Meningkatkan Keyakinan Diri Anak Usia Dini Di Tk Baiturrahman Kabupaten Bandung. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(4). https://doi.org/10.22460/ceria.v2i4.p166-172.
Nurlaili, N. (2018). Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1). https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1518.
Nurmadiah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 3(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v3i1.101.
Patriani, R. P., & Kusumaningrum, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pembelajaran Teknik Animasi 2 Dan 3 Dimensi Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(2). https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i2.3651.
Priani, I., Manuaba, I. B. S., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Gugus III Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Mimbar PGSD, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16972.
Pujayanti, P., Murda, I. N., & Wibawa, I. M. C. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus Viii Munduk. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1341.
Radita, N. (2018). Pengembangan Sistem Pembelajaran dalam Jaringan pada Materi Teori Graph. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1). https://doi.org/10.30651/must.v3i1.1463.
Risnawati, A., & Nuraeni, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Sunda Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Rebo Nyunda Di Pendidikan Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5). https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p243-250.
Rispantyo, Anita Trisiana, S. &. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Inovasi Pengembangan Di Era Media Digital Dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1). https://doi.org/10.33061/jgz.v7i1.3059.
Rizqi, M. R. (2018). Peran Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Motivasi Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Arab. El-Ibtikar. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(2). https://doi.org/10.24235/ibtikar.v7i2.3363.
Rohmat, R. (2017). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 12(2). https://doi.org/10.24090/yinyang.v12i2.2017.pp299-325.
Sa’ida, N. (2018). Bahasa Sebagai Salah Satu Sistem Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1937.
Salfera, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas VII. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.29210/12017295.
Sari, K. M., & Setiawan, H. (2012). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478.
Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Suthoni, S. (2019). PENGGUNAAN GAME EDUKASI DIGITAL SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039.
Setiawan, F. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. ELSE (Elementary School Education Journal), 1(1).
Setyawan, A. A. (2018). Pendidikan Sebagai Proses Humanisasi (Studi Tentang Pendidikan Humaniora di SMA Seminari Menengah Mertoyudan Magelang, Jawa Tengah). Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 1(1). https://doi.org/10.33488/1.jh.2018.1.50.
Setyawan, F. H. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 3(2).
Suhandra, I. R. (2018). Pemanfaatan media gambar berseri untuk memperkaya kemampuan menulis naratif bahasa inggris siswa kelas IX MTS NW Nurul Wathon Pengembur Lombok Tengah. TRANSFORMASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(1). https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i1.576.
Sumitra, A., Windarsih, C. A., Elshap, D. S., & Jumiatin, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Jari. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(1).
Swarastuti, A. (2019). THE IMPACT OF PICTURE SERIES TOWARDS STUDENTS’ ABILITY IN WRITING NARRATIVE TEXT. Edukasi Lingua Sastra, 17(1). https://doi.org/10.47637/elsa.v17i1.108.
Umbara, I. A. A. P., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 13–25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)