PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN BERBANTUAN MEDIA BERVARIASI UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL DI TK LILA HITA

Ni Luh Pudiarsini ., Prof. Dr. Anak Agung Gede Agung,M.Pd ., Luh Ayu Tirtayani,S.Psi.,M.Psi. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perilaku prososial anak kelompok B semester II tahun pelajaran 2014/2015 di Tk Lila Hita Singaraja setelah diterapkan metode bermain peran berbantuan media bervariasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 26 orang anak kelompok B semester II tahun pelajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode wawancara. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif.Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan perilaku prososial anak setelah penerapan metode bermain peran berbantuan media bervariasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan rata-rata persentase perilaku prososial anak pada siklus I sebesar 64,19% yang tergolong pada katagori rendah dan mengalami peningkatan sebesar 16,37% menjadi 80,56% pada siklus II yang tergolong katagori tinggi.
Kata Kunci : metode bermain peran, media bervariasi, perilaku prososial

This research is aim to know the increase in children’s prososial behavior in class B in the Second Semester of Academic Year 2014/2015 in Lila Hita Kindergarten Singaraja after applied the method of role playing with variation media. This research was a classroom action research which conducted in two cycles. The subjects of this research were the 26 kindergarten students in group B at the second semester in the academic year of 2014/2015. The data was collected by using observation method and interview method. The data was collected and analyzed by using descriptive statistical analysis method and quantitative descriptive analysis method. The results of data analysis showed the student’s prososial behavior group B increased after implementing role playing method supported by variation media. This is evidenced by the average score of stundents’ at the first cycle as many as 64,19% and was categorized as low category and that there is an improvement as many as 16,37% become 80,56% at the second cycle and was categorized as high category.
keyword : role playing method, variation media, prososial behavior



DOI: http://dx.doi.org/10.23887/paud.v3i1.5853

Article Metrics

Abstract view : 264 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini  Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 4 Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha    Crossref      


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.