PENERAPAN METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA KANTUNG CERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BICARA ANAK

Authors

  • Firda Indriyani .
  • Prof. Dr. Anak Agung Gede Agung,M.Pd .
  • Mutiara Magta, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v3i1.5924

Abstract

Kemampuan bicara pada anak kelompok A1 di Tk Sandhy Putra Singaraja yang masih dari hasil observasi awal menunjukkan dari jumlah murid 24 anak, 20 anak mendapat bintang dua dan 4 anak mendapat bintang empat, dilihat dari nilai M% sebesar 59,5% yang berada pada kriteria rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bicara anak kelompok A1 semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 di TK Sandhy Putra Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan instrument lembar observasi. Data yang dianalisis menggunakan metode analisis statistic deskriptif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita berbantuan media kantung cerita dapat meningkatkan kemampuan bicara anak pada siklus I sebesar 62,5% yang berada pada kriteria rendah dan siklus II meningkat menjadi 94,7% yang berada pada kriteria sangat tinggi. Terjadi peningkatan kemampuan bicara berbantuan media kantung cerita dari kriteria rendah menjadi sangat tinggi sebesar 32%. Setelah siklus I ke siklus II maka diperoleh nilai gains skor sebesar 0,4 berada pada kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan metode bercerita berbantuan media kantung cerita dapat meningkatkan kemampuan bercerita pada anak kelompok A1 TK Sandhy Putra Singaraja.
Kata Kunci : kemampuan bicara anak, media kantung cerita, metode bercerita.

Abstract The speech skill of children group A1 at Sandhy Putra Singaraja Kindergarten from the result observation was showed 24 total childrens, 20 childrens was got the two star points and 4 childrens was got the four star points, it was looked from M% point that 59,5% as low category. The research was aimed to determine to extent which increasing speech skill of children group A1 the second semester of academic year 2014/2015 at Sandhy Putra Singaraja Kindergarten. This research was a classroom action research which was conducted in two cycles. The data collected was used observation method with observation instrumenst form. This data analysis using descriptive statistical analysis and quantitative descriptive statistical analysis. The results were showed that implementation story method with the story pocket media could be increased the speech skill of children at cycles I that 62,5% as low category and cycles II was improved that 94,7% as so high category. The speech skill could be improved through implementation story method with the story pocket media from low category become to so high category that 32%. After cycles I to cycles II, to get gain score point that 0,4 as medium category. The conclusion were research that implementation story method with the story pocket media could be increased the speech skill of children at Sandhy Putra Singaraja Kindergarten.
keyword : hildren’s speech, story pouch media, story-telling method.

Published

2015-08-07

How to Cite

., F. I., ., P. D. A. A. G. A., & ., M. M. S. (2015). PENERAPAN METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA KANTUNG CERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BICARA ANAK . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/paud.v3i1.5924

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>