Storytelling Bermuatan Nilai Nilai Pancasila Terhadap Kemampuan Berperilaku Sosial Anak Usia Dini Kelompok Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Murni Nawarsih Putri Zalukhu Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Gede Firstia Wirabrata Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.63385

Keywords:

digital storytelling, nilai-nilai Pancasila, perilaku social

Abstract

Rendahnya kemampuan sosial yang dimiliki oleh anak usia dini disebabkan karena pendidik terlalu memfokuskan pada tuntutan hasil belajar, namun kurang memperhatikan perilaku anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh storytelling bermuatan nilai-nilai Pancasila terhadap kemampuan berperilaku sosial anak usia dini. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian Pre-eksperimental dengan menggunakan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 30 anak. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik sampling purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode observasi dengan instrument penelitian berupa pedoman observasi. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan dua tahap yaitu dengan statistik analisis statistik inferensial melalui dan uji prasyarat analisis (uji-t). Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil kemampuan berperilaku sosial sebelum dibelajarkan menggunakan storytelling bermuatan nilai-nilai Pancasila yaitu 17.83 sedangkan nilai mean atau rerata nilai anak yang dibelajarkan sesudah menngunakan storytelling bermuatan nilai-nilai Pancasila memiliki rata-rata yaitu 34.67. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig lebih besar dari 0,05. Disimpulkan bahwa storytelling bermuatan nilai-nilai Pancasila berpengaruh terhadap kemampuan berperilaku sosial anak usia dini.

References

Adha, M. M., & Susanto, E. (2020). Kekuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 121–138. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.319. DOI: https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.319

Amrullah, A., & Awalunnisah, S. (2022). Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Sikap Empati Anak Di Kelompok B TK Al-Khairaat Parigi. Journal Golden Age, 2(6), 2. https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i1.5807.

Anggara, A. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Untuk Meningkatkan Kognitif dan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Teologi Berita Hidup, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.38189/jtbh.v2i1.18. DOI: https://doi.org/10.38189/jtbh.v2i1.18

Anggraini, G. F., Pradini, S., Sasmiati, S., Haenilah, E. Y., & Wijayanti, D. K. (2020). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Storytelling Di TK Amartani Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 1(1), 15–25. https://doi.org/10.37295/jpdw.v1i1.21. DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v1i1.21

Aryani, E. D., Fadjrin, N., Azzahro’, T. A., & Fitriono, R. A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pendidikan Karakter. Gema Keadilan, 9(3). https://doi.org/10.14710/gk.2022.16430. DOI: https://doi.org/10.14710/gk.2022.16430

Astuti, R. D. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Outdoor Learning Untuk Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 20. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3378. DOI: https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3378

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Journal Golden Age, 4(1). https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2233. DOI: https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233

Fitriana, W. N. P., Kurniawati, H., & Muttaqien, M. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Story Reading terhadap Perilaku Sosial Anak. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(2), 262–280. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.395. DOI: https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.395

Haerudin, D. A., & Cahyati, N. (2018). Penerapan Metode Storytelling Berbasis Cerita Rakyat dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Anak. Jurnal Pelita PAUD, 3(1), 1–9. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/420/289.

Harefa, A. (2022). Pengaruh Globalisasi Terhadap Perilaku Sosial Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 271–277. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.37. DOI: https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.37

Herminastiti, R., Mapappoleonro, A. M., & Jatiningsih, R. (2019). Peningkatan Perilaku Sosial Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Instruksional, 1(1), 43. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.43-55. DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.43-55

Junita, E. N., & Anhusadar, L. (2021). Parenting Dalam Meningkatkan Perkembangan Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.24853/yby.v5i2.11002.

Karlina, D. N., Widiastuti, A. A., & Soesilo, T. D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Tk B Usia 5-6 Tahun Melalui Digital Storytelling Di Tk Apple Kids Salatiga Semester I Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 1–11. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/ article/view/6588. DOI: https://doi.org/10.21009//JPUD.121.01

Khoiruzzadi, M., Barokah, M., & Kamila, A. (2020). Upaya Guru Dalam Memaksimalkan Perkembangan Kognitif, Sosial dan Motorik Anak Usia Dini. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 40–51. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.561. DOI: https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.561

Kuswanto, C. W., Nabela, U., Uminar, A. N., & Muslih, A. (2021). Kiat-Kiat Mengembangkan Perilaku Baik (Akhlakul Karimah) Pada Anak Usia Dini. Asghar : Journal of Children Studies, 1(1), 30–39. https://doi.org/10.28918/asghar.v1i1.4148. DOI: https://doi.org/10.28918/asghar.v1i1.4148

Masluchah, L., & Andriani, Z. (2022). Storytelling tentang prososial terhadap perilaku prososial anak. Golden Childhood Education Journal, 3(1), 12–27. https://doi.org/10.55719/gcej.v3i1.406.

Massa, N., Rahman, M., & Napu, Y. (2020). Dampak Keluarga Broken Home Tehadap Perilaku Sosial Anak. Jambura Journal Community Empowerment, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.37411/jjce.v1i1.92. DOI: https://doi.org/10.37411/jjce.v1i1.92

Melinda, A. E., & Izzati, I. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Teman Sebaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 127. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34533. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34533

Nimatuzahroh, N., Khoirunnisa, H., & Niyarci, N. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Terhadap Generasi Alpha di Abad 21. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 7–12. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.1456. DOI: https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.1456

Nurzaman, I., Gandana, G., & Wahidah, A. S. (2020). Model Pembelajaran Interactive Storytelling Berbasis Aplikasi Android Untuk Memfasilitasi Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 134–140. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.28209. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.28209

Oktiawati, A., Pramita Widodo, Y., & Istianah, N. (2020). Storytelling Media Boneka Jari Kain Flanel Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Prasekolah. Bhamada: Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan (E-Journal), 11(2), 9. https://doi.org/10.36308/jik.v11i2.235. DOI: https://doi.org/10.36308/jik.v11i2.235

Perdina, S., Safrina, R., & Sumadi, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Sosial melalui Bermain Kartu Estafet pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 440. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.222. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.222

Rachman, S. P. D., & Cahyani, I. (2019). Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 52–65. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5312. DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5312

Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Retnasari, H., Rahayu, A. P., Veronica, N., & Wahono, W. (2023). Eksistensi Storytelling Berbasis Cerita Rakyat sebagai Upaya Menumbuhkan Karakter Kepedulian Sosial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3863–3874. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3660. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3660

Salsabila, A. T., Astuti, D. Y., Hafidah, R., Nurjanah, N. E., & Jumiatmoko, J. (2021). Pengaruh Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 164–171. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.41747. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.41747

Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, E. A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2132–2140. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1161. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1161

Sari, C. R., Hartati, S. H., & Yetti, E. (2019). Peningkatan Perilaku Sosial Anak melalui Permainan Tradisional Sumatera Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 416. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.225. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.225

Sudyana, D. K., Satria, I. K., & Winantra, I. K. (2020). Konseling Behavioral Dan Penguatan Positif Dalam Meningkatkan Prilaku Sosial Peserta Didik. Widyanatya, 2(2), 79–85. https://doi.org/10.32795/widyanatya.v2i02.1049. DOI: https://doi.org/10.32795/widyanatya.v2i02.1049

Susanti, S., Sumardi, S., & Nugraha, A. (2020). Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelompok B TK Aisyiyah 2. Jurnal PAUD Agapedia, 3(1), 89–100. https://doi.org/10.17509/jpa.v3i1.2. DOI: https://doi.org/10.17509/jpa.v3i1.26671

Downloads

Published

2023-06-22

How to Cite

Zalukhu, M. N. P., Astawan, I. G. ., & Wirabrata, D. G. F. . (2023). Storytelling Bermuatan Nilai Nilai Pancasila Terhadap Kemampuan Berperilaku Sosial Anak Usia Dini Kelompok Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1), 165–172. https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.63385

Issue

Section

Articles