PENERAPAN METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA WAYANG KERTAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK A

Authors

  • Ni Wayan Kiki Handayani .
  • Drs. Nyoman Wirya .
  • Putu Rahayu Ujianti, S.Psi. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v4i2.7792

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak khususnya kemampuan menyimak dengan penerapan metode bercerita berbantuan media wayang kertas terhadap anak kelompok A semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 di TK Widya Kumara Banjar Jawa Singaraja. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A berjumlah 15 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Data penelitian tentang kemampuan menyimak dikumpulkan melalui metode observasi dengan instrument berupa lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan dua metode analisis data yaitu metode analisis statistik deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan presentase rata-rata pengembangan kemampuan menyimak anak pada siklus I sebesar 65,08% dengan kriteria sedang, menjadi 80,20% dengan kriteria tinggi pada siklus II, terjadi peningkatan sebesar 15,12%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa metode bercerita berbantuan media wayang kertas dapat meningkatkan kemampuan bahasa khususnya kemampuan menyimak pada anak kelompok A Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 di TK Widya Kumara Banjar Jawa Singaraja.
Kata Kunci : metode bercerita, media wayang kertas, kemampuan bahasa

This study aims to improve children's language skills, especially listening skills with the adoption of media-aided storytelling paper puppets to children in group A the second semester in the academic year 2015/2016 in kindergarten Widya Kumara Banjar Jawa Singaraja. This research is a classroom action research is conducted in two cycles. The subjects were children in group A total 15 children consisting of 9 boys and 6 girls. Data collected research on listening skills through observation with an instrument such as the observation sheet. The data were analyzed using two methods of data analysis is the method of descriptive statistics and quantitative analysis. The results showed an increase in the average percentage of the development of listening skills of children in the first cycle of 65.08% with moderate criteria, being 80.20% with a high criteria in the second cycle, an increase of 15.12%. Based on the research that has been done can be concluded that the method of storytelling aided paper puppet media can improve their language skills, especially listening skills in children in group A Semester II Academic Year 2015/2016 in kindergarten Widya Kumara Banjar Jawa Singaraja
keyword : Keywords : storytelling method, puppet paper, language skills

Published

2016-07-22

How to Cite

., N. W. K. H., ., D. N. W., & ., P. R. U. S. (2016). PENERAPAN METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA WAYANG KERTAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK A . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/paud.v4i2.7792

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>