Stimulasi Metode Service Learning dalam Menumbuhkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini

Penulis

  • Sevi Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Aditya Antara Universitas Pendidikan Ganesha
  • Mutiara Magta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.25169

Abstrak

Penelitian ini dilakukan agar mengetahui perbedaan yang signifikan perilaku prososial antar kelompok eksperimen yang menggunakan metode service learning dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional terhadap anak Kelompok B TK Gugus III Kec. Sukasada TA 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment (eksperimen semu) yang menggunakan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu semua anak Kelompok B di Gugus III Kec. Sukasada, Kab. Buleleng. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini memakai teknik cluster sampling. Total sampel penelitian ini berjumlah 50 anak dengan kelompok B1 di TK Widhya Laksmi berjumlah 26 anak sebagai kelompok eksperimen yang diajarkan menggunakan metode service learning dan kelompok B1 di TK Dharma Bhakti berjumlah 24 anak sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang dipakai dalam bentuk observasi. Teknik analisis data memakai statistik deskriptif serta statistik inferensial. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya ada perbedaan perilaku prososial anak yang diajarkan menggunakan metode service learning dengan anak yang tidak diajarkan menggunakan metode service learning dengan thitung = 19,463 serta ttabel dengan dk = 48 (taraf signifikansi 5%) = 2,01. Jadi, hasil thitung > ttabel = 19,463 > 2,034, sehingga H0 ditolak serta H1 diterima. Bisa ditaik kesimpulan bahwasanya ada perbedaan yang signifikan perilaku prososial antar kelompok eksperimen yang menggunakan metode service learning dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional terhadap anak Kelompok B TK Gugus III Kecamatan Sukasada TA 2019/2020.

Kata-kata Kunci: anak usia dini, metode service learning, perilaku prososial

Biografi Penulis

Sevi Wahyuni, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi PG PAUD, Jurusan Pendidikan Dasar

Putu Aditya Antara, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi PG PAUD, Jurusan Pendidikan Dasar

Mutiara Magta, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi PG PAUD, Jurusan Pendidikan Dasar

Diterbitkan

2020-08-01

Cara Mengutip

Wahyuni, S., Antara, P. A., & Magta, M. (2020). Stimulasi Metode Service Learning dalam Menumbuhkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 91–100. https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.25169

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>