E-Flashcard Berbasis Video Animasi pada Tema Binatang Untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak

Penulis

  • Dwita Dewi Jesika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Luh Ayu Tirtayani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Didith Pramunditya Ambara Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.48765

Kata Kunci:

e-flashcards, Video Animasi, Bahasa

Abstrak

Masih banyak guru TK yang kesulitan dalam mengembangkan media yang sesuai dengan siswa. Hal ini menyebabkan guru mengalami kesulitan dalam mengajar karena kekurangan media. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan e-flashcard berbasis video animasi pada tema binatang untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan model ADDIE Subjek penelitian yaitu 3 orang ahli yang terdiri atas 1 ahli isi pembelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, dan 1 ahli media pembelajaran. Subjek uji coba produk yaitu siswa yang berjumlah 3 anak (ujo coba perorangan) dan 5 anak (uji coba kelompok kecil). Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu non tes. Instrument pengumpul data menggunakan uji rancang bangun dan kuisioner/angket. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu Penilaian dari ahli isi pembelajaran mendapatkan persentase skor 93,75% (sangat baik). Ahli desain pembelajaran memperoleh persentasi skor 83,33% (baik). Ahli media pembelajaran mendapatkan persentase skor 83,33% (baik). Hasil uji coba perorangan mendapatkan persentase skor 93,74% (sangat baik) dan hasil uji coba kelompok kecil 91,24% (sangat baik). Disimpulkan bahwa Media E-Flashcard Berbasis Video Animasi mendapatkan kualifikasi sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran

Diterbitkan

2022-12-12

Cara Mengutip

Dwita Dewi Jesika, Luh Ayu Tirtayani, & Didith Pramunditya Ambara. (2022). E-Flashcard Berbasis Video Animasi pada Tema Binatang Untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 335–343. https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.48765

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama