Pengembangan Media Komik Terintegrasi Budaya Lokal Tumpek Wariga sebagai Upaya Peningkatan Kepedulian terhadap Lingkungan pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.52433Kata Kunci:
Komik, tumpek wariga, anak usia diniAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan prototype media komik terintegrasi budaya lokal tumpek wariga sebagai upaya peningkatan kepedulian terhadap lingkungan pada anak usia dini. (2) mengukur validitas media komik terintegrasi budaya lokal tumpek wariga sebagai upaya peningkatan kepedulian terhadap lingkungan pada anak usia dini. (3) mengukur kepraktisan media komik terintegrasi budaya lokal tumpek wariga sebagai upaya peningkatan kepedulian terhadap lingkungan pada anak usia dini. (4) mengukur efektifitas media komik terintegrasi budaya lokal tumpek wariga sebagai upaya peningkatan kepedulian terhadap lingkungan pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan diadaptasi dari model 4-D yang dikembangkan oleh (Thiagarajan, Sivasailam, 1974). Pengembangannya terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini dilaksanakan di TK dan PAUD se-Kecamatan Banjar. Hasil validasi aspek materi dari praktisi memperoleh skor 12 dan, hasil validasi aspek konstruksi memperoleh skor 10,6. Dan yang terakhir hasil validasi aspek bahasa berada memperoleh skor 9,8 dengan rata- rata 10.8 berkatagori valid. Kepraktisan media komik hasil respon dosen terhadap keterlaksanaan komik adalah sangat praktis pada aspek afektif dan praktis pada aspek interaktif, menarik, efisien dan kreatif. Sedangkan hasil respon guru terhadap keterlaksanaan modul adalah praktis pada semua aspek yaitu aspek afektif, interaktif, menarik, efisien dan kreatif. Efektifitas media komik diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam Paired Sample t-test, maka dapat disimpulkan pula bahwa penerapan komik terintegrasi budaya lokal tumpek wariga berpengaruh terhadap kepedulian anak terhadap lingkungan.
Referensi
Adi, A. (2020). Etika Lingkungan Dalam Gaguritan Kabresihan. Dharma Duta, 17(2), 50–59. https://doi.org/10.33363/dd.v17i2.349. DOI: https://doi.org/10.33363/dd.v17i2.349
Akhadiyah, D. D., Ulfatin, N., & Kusumaningrum, D. E. (2019). Muatan Life Skills Dalam Kurikulum 2013 Dan Manajemen Pembelajarannya. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(3), 107–113. https://doi.org/10.17977/um027v2i32019p107. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v2i32019p107
Ananda, B., Nasution, S. N., & Sinaga, S. I. (2022). Pengembangan Komik Subtema Binatang di Hutan terhadap Karakter Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 129–142. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.8824. DOI: https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8824
Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920
Aryanti, W. S., & Fuadah, A. (2020). Menjaga Kebersihan Sekolah Dan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Murid MI/SD Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Edukatif, 6(1), 76–85. https://doi.org/10.37567/jie.v6i1.110. DOI: https://doi.org/10.37567/jie.v6i1.110
Ayu, P. S., Marhaeni, A., & Budiadnyana, P. (2018). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Belajar Dan Berinovasi Pada Mata Pelajaran IPA SD. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 90–100. https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i2.2696. DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i2.2696
Bramantyo, E. B. D., & Prasetyo, D. (2021). Perancangan Buku Edukasi Pengetahuan Dasar Komik Untuk Komikus Pemula. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 9(2). https://doi.org/10.12962/j23373520.v9i2.58079. DOI: https://doi.org/10.12962/j23373520.v9i2.58079
Budiasih, N. M. (2019). Perwujudan Keharmonisan Hubungan antara Manusia dengan Alam Dalam Upacara Hindu di Bali. Widya Duta: Jurnal Ilmiah Ilmu Agama Dan Ilmu Sosial Budaya, 14(1), 29. https://doi.org/10.25078/wd.v14i1.1041. DOI: https://doi.org/10.25078/wd.v14i1.1041
Dasi, N. L. K. D., & Putra, D. B. K. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Perubahan Wujud Benda Muatan IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4311.
Daulay, M. I., & Nurmnalina. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 41 Pekanbaru. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 24–34. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.452. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.452
Diatmika, D. N., Mastiningsih, N. N., & Seriasih, N. W. (2021). Tumpek Sebagai Puncak Peradaban Umat Hindu. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 12(3), 188–199. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v12i3.430. DOI: https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v12i3.430
Gusmadi, S., & Samsuri, S. (2020). Gerakan Kewarganegaraan Ekologis sebagai upaya Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 381. https://doi.org/10.17977/um019v4i2p381-391. DOI: https://doi.org/10.17977/um019v4i2p381-391
Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis komik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1804.
Indra, W., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Media Games IPA Edukatif Berbantuan Aplikasi Appsgeyser Berbasis Model PBL untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(1), 59–66. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8654.
Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934. DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934
Juneli, J. A., Sujana, A., & Julia, J. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Penguasaan Konsep Peserta Didik SD Kelas V. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1093. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9070. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9070
Karmiani, S. (2018). Penggunaan Media Komik Berbahasa Inggris Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Teluk Kuantan. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(6), 883. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6514. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6514
Kusuma, G. L. A., & Yudha, A. A. N. B. (2021). Pemanfaatan Komik Digital Sebagai Sarana Bisnis Digital Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Imagine, 1(2), 44–49. https://doi.org/10.35886/imagine.v1i2.264. DOI: https://doi.org/10.35886/imagine.v1i2.264
Mahardika, A. (2017). Penanaman Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 16–27. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i2.4264.
Martini, N. N. N. (2019). Kajian Tri Hita Karana Dalam Perayaan Tumpek Wariga. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 2(2019), 238–246. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/kamaya/ article/ view/297.
Murdianingsih, A. K., & Sumarno, J. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Comic Book IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(2), 46–52. http://journal.kualitama.com/index.php/jkp/article/view/297. DOI: https://doi.org/10.51651/jkp.v3i2.297
Nengsi, M. I., & Eliza, D. (2019). Pelaksanaan Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Anak dalam Konteks Alam Takambang Jadi Guru. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 28–40. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.32. DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.32
Nugroho, I. A., & Surjono, H. D. (2019). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis video materi sikap cinta tanah air dan peduli lingkungan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 29–41. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.15911. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.15911
Pradnya, R. S., & Suswandari, S. (2022). Kegiatan Tumpek Wariga Dalam Tradisi Hindu Di Desa Penatih Bali. Jurnal Agama Dan Budaya, 6(2). https://doi.org/10.55115/purwadita.v6i2.1880.
Puspa, I. A. T., & Andita, P. A. (2021). Komunikasi Transendental Pada Upacara Tumpek Wariga. Jurnal Penerangan Agama, Pariwisata Budaya Dan Ilmu Komunikasi, 5(1). https://doi.org/10.55115/duta.v5i1.1253.
Putri, S. M. D., & Kurniawan, R. (2019). Komik pendidikan karakter sebagai upaya penanaman pendidikan karakter di SD. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (Ppdn) 2019, 132–141. http://seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/1362.
Rismayanti, E. (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata Di Sdn Petir 1 Kota Tangerang. Inventa, 6(1), 18–28. https://doi.org/10.36456/inventa.6.1.a4798. DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.6.1.a4798
Riwanto, M. A., & Budiarti, W. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA SD Terintegrasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 71–82. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14974. DOI: https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14974
Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2019). Pengembangan Komik Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi Untuk Pembelajaran Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(2), 100. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.1213. DOI: https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.1213
Salahuddin, Syahnaz, E., Wijaya, V., & Wahyuni, S. (2020). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran Ips Siswa Sdn 02 Kelas III Kab. Sambas. Journal of Scientech Research and Development, 2(2), 061–070. https://doi.org/10.56670/jsrd.v2i2.15. DOI: https://doi.org/10.56670/jsrd.v2i2.15
Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Ipa. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(1), 207–212. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/ view/3382.
Sapriadi, & Hajaroh, S. (2019). Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Siswa. Jurnal Penelitian Keislaman, 15(1), 55–65. https://doi.org/10.20414/jpk.v15i1.1426. DOI: https://doi.org/10.20414/jpk.v15i1.1426
Saputra, V. H., & Pasha, D. (2021). Komik Berbasis Scientific Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemik Covid-19. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4514. DOI: https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4514
Senoprabowo, A., Khamadi, K., & Septian, Y. A. (2021). Komik Digital Warak Ngendog Untuk Memperkenalkan Nilai Kearifan Lokal Kepada Anak Di Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Desain Komunikasi Visual, 1(2020), 1–13. https://doi.org/10.33479/sndkv.v1i.76. DOI: https://doi.org/10.33479/sndkv.v1i.76
Siskayanti, J., & Chastanti, I. (2022). Analisis Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1508–1516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151
Sitorus, L., & Lasso, A. H. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembiasaan dan Pembudayaan di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2206–2216. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.755. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.755
Solihah, S. A. S., Suherman, S., & Fadlullah, F. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Bermuatan Pendidikan Karakter Materi Membangun Persatuan dan Kesatuan pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5186–5195. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3156. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3156
Sudarsana, I. K. (2017). Konsep Pelestarian Lingkungan Dalam Upacara Tumpek Wariga Sebagai Media Pendidikan Bagi Masyarakat Hindu Bali. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 2(1), 1. https://doi.org/10.15575/rjsalb.v2i1.1934. DOI: https://doi.org/10.15575/rjsalb.v2i1.1934
Sunampan, I. W. (2020). Etika Lingkungan dalam Upacara Tumpek Wariga Pada Mas- yarakat Bali. Jurnal Agama Hindu, 1(1), 93–101. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/sruti/article/view/65.
Suseni, K. A. (2021). Tumpek Wariga Sebagai Aktualisasi Ajaran Tri Hitakarana Untuk Pelestarian Lingkungan (Hukum Alam). Logo Header HalamanPariksa: Jurnal Hukum Agama Hindu, 5(2). https://doi.org/10.55115/pariksa.v5i2.1746.
Tantowi, N. P. X., Sukenti, K., & Mulyaningsih, T. (2022). Ethnobotanical Study of Tumpek Wariga Tradition in Hindu Community of Jagaraga Village, West Lombok Regency. Jurnal Biologi Tropis, 22(3), 746–756. https://doi.org/10.29303/jbt.v22i3.3427. DOI: https://doi.org/10.29303/jbt.v22i3.3427
Wardani, D. N. K. (2020). Analisis Implementasi Program Adiwiyata dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.6. DOI: https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.6
Winangun, I. M. A. (2020). Media Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1). https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.529.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Putu Eka Sastrika Ayu

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)