AN ANALYSIS OF COMMUNICATION STRATEGIES USED BY THE LECTURERS IN MEDITERRANEAN DENPASAR BALI
Abstrak
Strategi dalam berkomunikasi sangat penting terutama dalam mengajar bahasa asing demi tercapainya tujuan belajar dengan baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis strategi komunikasi yang digunakan oleh dosen bahasa Inggris Mediterranean, jenis-jenis strategi komunikasi yang paling sering mereka gunakan dan alasan mengapa jenis-jenis strategi komunikasi tersebut diterapkan selama mereka mengajar di kelas. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori dari Tarone & Dornyei (1980) dan Scott (1997). Data dikumpulkan dari proses belajar mengajar dengan merekam proses pembelajaran di kelas. Wawancara diberikan kepada subjek untuk mengetahui alasan mengapa mereka menggunakan strategi tertentu selama mengajar. Selain itu, penyebaran kuisioner kepada subjek untuk mendukung hasil temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen Bahasa Inggris Kampus Mediterranean menerapkan 29 jenis strategi komunikasi dari 34 jenis strategi komunikasi secara keseluruhan. Ada 5 strategi yang tidak digunakan selama mengajar. Ada lima strategi teratas yang digunakan oleh para dosen. Strategi pertama adalah appeal for help (15,41%), yang kedua mumbling (14,18%), yang ketiga adalah code switching (12,46%). Asking for clarification (12,27%) dan asking for confirmation (5,23%) berada pada urutan keempat dan kelima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga subjek cenderung melakukan diskusi di kelas, mengalihkan bahasa serta role play dimana siswa dapat bermain peran. Penggunaan strategi tertentu bergantung pada materi yang diberikan, kebutuhan dan keinginan siswa juga dapat menjadi pertimbangan mereka. Yang terpenting adalah dosen harus mencapai tujuan utama yaitu menghasilkan murid yang terampil, terutama dalam berbahasa Inggris karena mereka adalah mahasiswa pariwisata.
Kata Kunci: Mediterranean College, Proses Belajar Mengajar, Strategi Komunikasi.Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Language and Education Journal Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.