DEVELOPING INSTRUCTIONAL VIDEO USING WONDERSHARE FILMORA 9 IN THE CRITICAL READING COURSE FOR STUDENTS OF ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DWIJENDRA UNIVERSITY

Penulis

  • Ni Made Yuniari Dwijendra University
  • I Gusti Ayu Indah Triana Juliari Universitas Dwijendra
  • I Putu Yudi Sudarmawan Universitas Dwijendra

Kata Kunci:

Developing Instructional Video, Wondershare Filmora 9, and Critical Reading Course.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran menggunakan Wondershare Filmora 9 pada mata kuliah Critical Reading untuk mahasiswa semester IV Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Dwijendra. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D dengan menggunakan model ADDIE. Model ini memiliki lima tahap pengembangan, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Kuesioner digunakan untuk mengetahui tingkat kelayakan video pembelajaran. Dalam menganalisis data, penelitian ini mengikuti beberapa prosedur, seperti: menganalisis kebutuhan, menganalisis materi, menentukan kompetensi dasar dan indikator. Penelitian ini menggunakan dua validator untuk pengecekan materi dan dua validator untuk ahli media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan persentase ahli materi I sebesar 91%, dan hasil validasi ahli materi 2 sebesar 94%. Kemudian rata-rata dari kedua ahli materi adalah 92,31%. Artinya kategori kualitatif sangat baik berdasarkan kriteria pendidikan. Sedangkan persentase validasi ahli media I sebesar 88,24%, sedangkan hasil validasi ahli media II sebesar 84,71%. Rata-rata ahli media adalah 93,84%. Hal tersebut dapat dikatakan bagus menurut review para ahli konten pembelajaran. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa video instruksional yang dibuat dengan Wondershare Filmora's 9 menjadi pilihan yang sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran membaca kritis.

Referensi

Alnajdi, S. M. (2018). The Effectiveness of Designing and Using a Practical Interactive Lesson based on ADDIE Model to Enhance Students ’ Learning Performances in University of Tabuk. 7(6), 212–221. https://doi.org/10.5539/jel.v7n6p212

Andriyani, N. L. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Ipa Subjects on 6th-Grade. 5, 37–47.

Auma, O. M., & Achieng, O. J. (2020). Perception of Teachers on Effectiveness of Online Learning in the wake of COVID-19 Pandemic. 25(6), 19–28. https://doi.org/10.9790/0837-2506111928

Ayuningsih, K., Sidoarjo, M., Sidoarjo, J. M., & Timur, J. (2017). DOI Link : https://doi.org/10.21070/jicte.v1i1.11 Original Research Articles Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran IPS Materi Menghargai Jasa Pahlawan di Kelas V SDN Sidokumpul Sidoarjo S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(April), 1–7.

Bajrami, L., & Ismaili, M. (2016). The Role of Video Materials in EFL Classrooms. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232(April), 502–506. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.068

Falloon, G. (2020). From digital literacy to digital competence : the teacher digital competency ( TDC ) framework. Educational Technology Research and Development, 68(5), 2449–2472. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09767-4

Juliari, I. G. A. I. T., Yuniari, N. M., & Sudarmawan, I. P. Y. (2021). THE DEVELOPMENT OF INSTRUCTIONAL VIDEO FOR ONLINE ENGLISH SUBJECT AT SD. 4(2), 106–113.

Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, A. (2020). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KONTEKSTUAL DI MANGGARAI UNTUK BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMIC COVID-19. 10, 63–73. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112

Komikesari, H., Mutoharoh, M., Dewi, P. S., Utami, G. N., & Anggraini, W. (2020). Development of e-module using flip pdf professional on temperature and heat material. 1572, 1–11. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012017

Lusiana, B., & Maryanti, R. (2020). Media Pendidikan , Gizi , dan Kuliner The Effectiveness of Learning Media Used During Online Learning. 9(2), 81–92.

Muchsini, B. (2020). Hybrid Learning Design to Minimize Academic Stress of Digital Natives ’ Generation in Accounting Course. 6(1), 1–8. https://ojs.unm.ac.id/JEST/article/view/11045/7735

Noval, Ahmad, and L. K. N. (2021). Manajemen Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di MAS YPP Jamanis Parigi Dan MAN 1 Pangandaran). Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(2). http://digilib.uinsgd.ac.id/36075/

Oce Payung Limbong, Witarsa Tambunan, and M. L. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Di SMK Negeri 2 Toraja Utara Pada Masa Pandemi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 38. https://doi.org/https://doi.org/

Pratiwi, E. D., Latifah, S., & Mustari, M. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA DEVELOPMENT OF PHYSICAL LEARNING MEDIA USING. 02(3), 303–309.

Priscylio, G. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MANDIRI POKOK BAHASAN SUHU DAN. January.

Rante, P., & Ihsan, N. (2013). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2(2), 203–208.

Yuniari, N M. (2020). DEVELOPING INSTRUCTIONAL VIDEO FOR ONLINE. 3(2), 39–46.

Yuniari, Ni Made, Ayu, I. G., & Triana, I. (2021). Instructional Video using Wondershare Filmora 9 in the Interpretive Reading Course for English Language Education Students. 4, 550–557.

Diterbitkan

2022-08-31

Cara Mengutip

Yuniari, N. M., Juliari, I. G. A. I. T., & Sudarmawan, I. P. Y. (2022). DEVELOPING INSTRUCTIONAL VIDEO USING WONDERSHARE FILMORA 9 IN THE CRITICAL READING COURSE FOR STUDENTS OF ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DWIJENDRA UNIVERSITY. Language and Education Journal Undiksha, 5(2), 85–91. Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBI/article/view/50229

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama