PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERMUATAN KLARIFIKASI NILAI TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD GUGUS 8 KECAMATAN MENGWI, KABUPATEN BADUNG TAHUN AJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1048Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pembelajaran Kontekstual Bermuatan Klarifikasi Nilai terhadap hasil belajar PKn dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran secara konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus 8 Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 7 sekolah dan 11 kelas dengan jumlah populasi 365 siswa. Sebanyak 88 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling dan pemetaan skorpre test. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor post test hasil belajar PKn siswa, yang dikumpulkan melalui tes hasil belajar. Tes hasil belajar yang digunakan terdiri dari 60 butir soal. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelompok kontrol (3,23 > 1,980). Hasil uji-t terhadap hipotesis yang diajukan dalam penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar PKn antara siswa yang dibelajarkan melalui Kontekstual Bermuatan Klarifikasi Nilai dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional (thitung (3,23) > ttabel (1,980). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Kontekstual bermuatan Klarifikasi Nilai berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa.
Kata kunci: kontekstual bermuatan klarifikasi nilai, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)