PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERMUATAN KLARIFIKASI NILAI TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD GUGUS 8 KECAMATAN MENGWI, KABUPATEN BADUNG TAHUN AJARAN 2012/2013

Authors

  • Si Ayu Sri Wahyuni, Ni Nyn. Ganing I Md. Suara

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1048

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pembelajaran Kontekstual Bermuatan Klarifikasi Nilai terhadap hasil belajar PKn dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran secara konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus 8 Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 7 sekolah dan 11 kelas dengan jumlah populasi 365 siswa. Sebanyak 88 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling dan pemetaan skorpre test. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor post test hasil belajar PKn siswa, yang dikumpulkan melalui tes hasil belajar. Tes hasil belajar yang digunakan terdiri dari 60 butir soal. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelompok kontrol (3,23 > 1,980). Hasil uji-t terhadap hipotesis yang diajukan dalam penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar PKn antara siswa yang dibelajarkan melalui Kontekstual Bermuatan Klarifikasi Nilai dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional (thitung (3,23) > ttabel (1,980). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Kontekstual bermuatan Klarifikasi Nilai berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa.

 

Kata kunci: kontekstual bermuatan klarifikasi nilai, hasil belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Md. Suara, S. A. S. W. N. N. G. (2013). PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERMUATAN KLARIFIKASI NILAI TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD GUGUS 8 KECAMATAN MENGWI, KABUPATEN BADUNG TAHUN AJARAN 2012/2013. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1048

Issue

Section

Articles