PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SYNECTICS BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN KARANGASEM
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1049Abstract
Abstrak
Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami apa yang dipelajarinya, bukan mengetahuinya. Salah satu alternatif untuk memecahkan permasalahan tersebut yaitu menggunakan model pembelajaran synectics berbantuan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan melalui penerapan model pembelajaran synectics berbantuan media audio visual dengan siswa yang dibelajarkan melalui penerapan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SD Gugus II Kecamatan Karangasem. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 5 Subagan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 35 orang dan siswa kelas V SD Negeri 4 Pertima sebagai Kelompok Kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu test objektif pilihan ganda biasa dengan 4 obsien. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini yaitu data hasil belajar IPS. Kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata 71,51 dan untuk kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata 59,38. Teknik analisis menggunakan taraf signifikansi 5%. Dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan 65 diperoleh ttabel = 2,000, sedangkan hasil pengujian diperoleh thitung = 5,18. Dengan membandingkan hasil thitung dan ttabel maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel (5,18 > 2,000). Dari hasil perbandingan tersebut maka dapat disimpulkan model pembelajaran synectics berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPS.
Kata Kunci : model pembelajaran synectics, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)