MODEL PEMBELAJARAN PBI BERBASIS KEBUDAYAAN BALI BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS III SUKAWATI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1053Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar Matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berbasis Kebudayaan Bali dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalen control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD di Gugus III Sukawati, sebanyak 208 siswa. Sedangkan sampelnya sebanyak 63 siswa, yang terdiri dari siswa kelas IV SD N 2 Batuan sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SD N 1 Batuan Kaler sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan materi bilangan bulat. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dalam bentuk tes objektif. Data dianalisis dengan uji-t. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 61, diperoleh ttabel sebesar 2,00 dan thitung sebesar 4,70. Sehingga thitung > ttabel dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran PBI berbasis Kebudayaan Bali dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Sehingga, model pembelajaran PBI berbasis Kebudayaan Bali berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Gugus III Sukawati tahun ajaran 2012/2013.
Kata kunci: PBI berbasis Kebudayaan Bali, hasil belajar Matematika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)