PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MNEMONIC TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS III SUKAWATI

Authors

  • Ni Md. Widya M., I Km. Ngr. Wiyasa MG. Rini Kristiantari

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1055

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan melalui  pendekatan pembelajaran kontekstual berbantuan mnemonic dengan yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional di kelas IV SD Gugus III Sukawati Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini tergolong penelitian quasy experiment dengan desain Nonequivalent control group design. Subjek terteliti adalah siswa kelas IV di SD Negeri 2 Batuan (kelas eksperimen) dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Batuan Kaler (kelas kontrol). Data penelitian dikumpulkan dengan metode tes. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan metode analisis kuantitatif dengan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan pembelajaran kontekstual berbantuan mnemonic dengan yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional di kelas IV SD Gugus III Sukawati Tahun Ajaran 2012/2013. Melalui perhitungan dengan uji-t diperoleh  = 2,63 sedangkan  pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (30+33) – 2 = 61 adalah 2,00, sehingga , yang berarti H0 ditolak (gagal diterima) dan Ha diterima. Simpulan yang diperoleh dari uji-t tersebut terdapat pengaruh  pendekatan pembelajaran kontekstual berbantuan mnemonic terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus III Sukawati tahun ajaran 2012/2013.

 

Kata-kata kunci: pembelajaran kontekstual, mnemonic, hasil belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

MG. Rini Kristiantari, N. M. W. M. I. K. N. W. (2013). PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MNEMONIC TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS III SUKAWATI. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1055

Issue

Section

Articles