PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SD

Authors

  • I Putu Mardika .
  • Dr. Desak Putu Parmiti,MS .
  • Drs. Wayan Tirka,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10600

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan keterampilan membaca bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TTW dan kelompok siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran TTW di SDN Gugus X Kecamatan Buleleng. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu, populasi penelitian siswa kelas III SDN Gugus X Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 115 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas III SDN No. 3 Kaliuntu yang berjumlah 22 siswa dan siswa kelas III SD N 1 Kaliuntu yang berjumlah 25 siswa. Data keterampilan membaca dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan nilai t = 11,44 dengan P < 0,05 ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Jadi model pembelajaran TTW berpengaruh terhadap keterampilan membaca bahasa Indonesia siswa dengan model pembelajaran TTW lebih baik keterampilan membaca daripada model pembelajaran yang tidak menggunakan model pembelajaran TTW.
Kata Kunci : Bahasa Indonesia, keterampilan membaca, TTW.

The aim of this research is to know the significant effect of reading skill toward Indonesian Language among groups of students from Gugus X Elementary School in Buleleng Districts, who were taught and without through out TTW model of learning. This research is a kind of quasi-experimental study. The population that was being used in this reseach came from 115 students of the third grade students in Gugus X Elementary School, Buleleng Districts (2016/2017). The sample that was being taken in this research came from 22 students of the third grade in SDN No.3 Kaliuntu, and 25 third grade students in SD N 1 Kaliuntu. The data of reading skill was gathered using objective test. The data that was obtained will be analyzed using satistics technique analysis that is called uji-t. The data of this research showed the score of t = 11,44 with P < 0,05, it means that there was a significant difference. So, TTW learning model has an effect toward the students’ skill in reading Indonesian Language. The data also showed the class that was used this model was better than was not.
keyword : Indonesian, reading skill, TTW.

Published

2017-07-12

How to Cite

., I. P. M., ., D. D. P. P., & ., D. W. T. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SD . MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10600

Issue

Section

Articles