PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS I GUSTI NGURAH RAI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • Ida Ayu Putu Gita Savitri .
  • Drs. I Wayan Sujana,S.Pd, M.Pd .
  • Drs. I Wayan Wiarta, S.Pd., M.For. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10620

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional, (2) perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, (3) interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan motivasi berpresasi terhadap kompetensi pengetahuan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen semu (nonequivalent control group design) dengan sampel sebanyak 83 siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Data dikumpulkan dengan tes kompetensi pengetahuan matematika dan kuesioner motivasi berprestasi serta dianalisis menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil analisis menunjukkan (1) terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional, hasil penelitian berdasarkan analisis data dengan FA hitung = 13.62 dan F tabel pada taraf signifikan 5% dengan dk = 79 adalah 3,96, maka H0 ditolak, (2) terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, hasil penelitian berdasarkan analisis data dengan FA hitung = 13.05 dan Ftabel pada taraf signifikan 5% dengan dk = 79 adalah 3,96, maka H0 ditolak, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan motivasi berpretasi terhadap kompetensi pengetahuan matematika pada siswa kelas V SDN Gugus I Gusti Ngurah Rai tahun pelajaran 2016/2017, hasil penelitian berdasarkan analisis data dengan FA hitung = 269.71 dan Ftabel pada taraf signifikan 5% dengan dk = 79 adalah 3,96, maka H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi pengetahuan matematika pada siswa kelas V SDN Gugus I Gusti Ngurah Rai tahun pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe STAD, konvensional, motivasi berprestasi, kompetensi pengetahuan matematika

*This research aims to determine the differences (1) significant difference of competence of mathematics knowledge among students which is learned through STAD type cooperative learning model with group of students which is learned through conventional learning, (2) significant difference in the competence of mathematics knowledge among students who have high achievement motivation with students who have low achievement motivation, (3) interaction between STAD type cooperative learning model and motivation to compete on the competence of mathematics knowledge. This research is an experimental research with research design that used is quasi experimental design (nonequivalent control group design) with a sample of 83 students of grade V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai West Denpasar District Lesson Year 2016/2017. Data were collected with mathematics knowledge competency test and achievement motivation questionnaire and analyzed using two-way ANAVA. The result of the analysis shows (1) there is a significant difference of competence of mathematics knowledge among students which is learned through STAD type cooperative learning model with group of students which is learned through conventional learning, the result of research is based on data analysis with FA count = 13.62 and Ftable at significant level 5% With dk = 79 is 3.96, then H0 is rejected, (2) there is a significant difference of competence of mathematics knowledge among students who have high achievement motivation with students who have low achievement motivation, research result based on data analysis with FA count = 13.05 and Ftabel At the 5% significant level with dk = 79 is 3.96, then H0 is rejected, (3) there is interaction between STAD type cooperative learning model and the motivation of pace to the competence of mathematics knowledge in grade V SDN Gugus I Gusti Ngurah Rai academic year 2016 / 2017, research results based on data analysis with FA count = 269.71 and Ftabel at 5% significant level with dk = 79 is 3.96, then H0 is rejected. Thus, it can be concluded that there is influence of STAD type cooperative learning model and achievement motivation to the competence of knowledge mathematics in grade V SDN Gugus I Gusti Ngurah Rai academic year 2016/2017.
keyword : *STAD type cooperative learning model, conventional, achievement motivation, mathematical knowledge competence

Published

2017-07-13

How to Cite

., I. A. P. G. S., ., D. I. W. S. M., & ., D. I. W. W. S. M. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS I GUSTI NGURAH RAI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10620

Issue

Section

Articles