PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Ni Made Ayu Permita Budiani ., I Made Citra Wibawa, S.Pd., M.Pd. ., Drs. I Nyoman Murda,M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan lingkungan dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas III SD di Gugus VIII Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan eksperimen semu. Populasi penelitian seluruh kelas III SD di Gugus VIII Kecamatan Sukasada yang terdiri dari 5 SD dengan jumlah 101 siswa. Sampel penelitian yaitu kelas III SDN 1 Kayuputih Melaka dengan jumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas III SDN 3 Kayuputih Melaka dengan jumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji-t sampel independent. Rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen (84,92) lebih tinggi dari pada kelompok kontrol (65,10). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA siswa.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Lingkungan, STAD.

This study was aimed at finding the significant difference between the learning outcomes of science between a group of students who learnt through cooperative learning type STAD combined with environment and a group of students who learnt conventionally in third graders in SD at Gugus VIII Sukasada District in academic year 2016/2017.
This study was quasi experiment. The population of this study was all the third graders SD at Gugus VIII Sukasada District which involved 5 SD with the total amount 101 students. The sample of this study was third graders in SDN 1 Kayuputih Melaka with the total amount 26 students as experiment class and third graders in SDN 3 Kayuputih Melaka with the total amount 29 students as control group. udy used the multiple choice test of science as the instrument. The data collected were analyzed by using descriptive statistic and t-test independent sample.
The results of the mean of students who learnt through STAD (84,92) was higher than the students who learnt conventionally (65,10). The results of this study showed that there was significant different in outcomes of students’ learning science.

keyword : learning outcomes, Environment, STAD.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.