Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Bermuatan Permainan Tradisional Benteng-bentengan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV

Authors

  • Ni Made Dwi Hendrayani .
  • Drs. I Wayan Darsana,M.Ed .
  • Drs. I Ketut Ardana,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10682

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran scramble bermuatan permainan tradisional benteng-bentengan dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Selatan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan quasi experimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Selatan tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 254 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas IV SD N 1 Sanur sebagai kelompok eksperimen berjumlah 48 orang dan kelas IV SD N 3 Sanur sebagai kelompok kontrol berjumlah 49 orang. Data kompetensi pengetahuan IPS siswa diperoleh melalui metode tes dan dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan analisis uji hipotesis dengan uji t diperoleh thitung = 4,31 pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (dk = 95) diperoleh ttabel = 1,98 maka thitung > ttabel ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran scramble bermuatan permainan tradisional benteng-bentengan dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Selatan tahun ajaran 2016/2017. Selain itu, diperoleh hasil nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih dari nilai rata-rata kelompok kontrol (80,13 > 71,68). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran scramble bermuatan permainan tradisional benteng-bentengan terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Selatan tahun ajaran 2016/2017.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Scramble, Benteng-bentengan

This research study aimed to know the significant difference of IPS knowledge competence groups of students who taught using scramble learning model based on benteng-bentengan traditional game and the group of students who taught using conventional learning for the fourth grade students of elementary school cluster I Gusti Ngurah Rai Denpasar Selatan in academic year 2016/2017. This research was experimental research with quasi experimental design. The population were all of the fourth grade students of elementary school cluster I Gusti Ngurah Rai Denpasar Selatan in academic year 2016 / 2017 which consisted of 254 people. Sample of this research were the fourth grade students of SD N 1 sanur as an experimental group which consisted of 48 people and the fourth grade students of SD N 3 Sanur as control group which consisted of 49 people. Data of IPS knowledge competence obtained through test method and analyzed by using t-test. Based on hypothesis test analysis with t-test obtained t count = 4,31 at 5% significance level with freedom of degree (dk = 95) obtained t table = 1,98 then t count > t table so Ho was rejected and Ha was accepted. This showed, there were significant difference of IPS knowledge competence between groups of students who taught using scramble learning model based on benteng-bentengan traditional game with the group of students who taught using conventional learning for the fourth grade students of elementary school cluster I Gusti Ngurah Rai Denpasar Selatan in academic year 2016 / 2017. In addition, the result of average value of the experimental group was more than average value of control groups (80,13 > 71,68). It can be concluded that there was influence of scramble learning model based on benteng-bentengan traditional games toward IPS knowledge competence of the fourth grade students of elementary school cluster I Gusti Ngurah Rai Denpasar Selatan in academic year 2016/2017.
keyword : Scramble Learning Model, Benteng-bentengan

Published

2017-07-14

How to Cite

., N. M. D. H., ., D. I. W. D., & ., D. I. K. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Bermuatan Permainan Tradisional Benteng-bentengan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV . MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10682

Issue

Section

Articles