PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V

Authors

  • Ni Kadek Dian Pusparini .
  • Dr. I Nyoman Jampel,M.Pd .
  • Dra. Nyoman Kusmariyatni,S.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10720

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Teams Games Tournamen (TGT) dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvesional pada siswa kelas V SD di Gugus X Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy exsperiment)dengan rancangan non-equivalent posttest only control group design yang dilaksanakan dalam delapan kali perlakuan dan satu kali post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus XKecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari SD N 1 Kaliuntu, SD N 2 Kaliuntu, SD N 3 Kaliuntu, SD Katolik Karya dengan jumlah siswa 115 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yaitu cluster sampling dengan teknik undian. Sampel penelitian yaitu 28 orang siswa kelas V SD Negeri 1 Kaliuntu sebagai kelompok eksperimen dan 32 orang siswa kelas V SD Negeri 3 Kaliuntu sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes yaitu tes objektif pilihan ganda. Dari hasil analisis data, rata-rata kelompok eksperimen 22,5 dan kelompok kontrol 17,31.Hasil penelitian menunjukkan bahwahasil analisis uji-t diperoleh thitung lebih besar dibandingkan dengan ttabel (thitung5,23 > ttabel2,021) dengan taraf signifikan 5%, hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus X Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci : Teams Games Tournament, hasil belajar

The research is to find out the significant difference of IPS learning result between groups of students who were taught by Teams GamesTournament (TGT) model learning and groups of students who were taught by conventional learning model in grade V elementary students in Buleleng District Buleleng Regency in academic year 2016 / 2017. The research is quasi experiment with non-equivalent posttest only control group design which conducted in eight treatments and one posttest. The research population is all students of class V SD in Gugus X Buleleng District Buleleng Regency in academic year 2016/2017, consist of SD N 1 Kaliuntu, SD N 2 Kaliuntu, SD N 3 Kaliuntu, and SD Katolik Karya with 115 students. The sampling is random sampling technique that is cluster sampling with lottery technique. The sample of research is 28 students of grade V of SD Negeri 1 Kaliuntu as experiment group and 32 students of class V SD Negeri 3 Kaliuntu as control group. The data collection in this research is done by test that is multiple choice objective test. The result of the data analysis, the average experimental group was 22.5 and the control group was 17.31. The result of the research shows that the result of t-test analysis ( analisis uji–t) is t-hitung bigger than ttabel (thitung5,23 > ttabel2,021) with 5% significant level, this means there is significant difference of IPS learning result between student which is taught by cooperative learning model Teams Games Tournament (TGT ) with students who were taught by conventional learning model in grade V of elementary school in Gugus X Buleleng district Buleleng Regency in academic year 2016/2017.
keyword : Teams Games Tournament, learning result

Published

2017-07-16

How to Cite

., N. K. D. P., ., D. I. N. J., & ., D. N. K. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10720

Issue

Section

Articles