PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR

Authors

  • Ketut Eli Mariadeni .
  • Drs. Ndara Tanggu Renda .
  • Dr. I Komang Sudarma,S.Pd, M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10726

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Talking Stick Berbantuan media audio visual berbasis kearifan lokal dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick Berbantuan media audio visual berbasis kearifan lokal. Rancangan penelitian menggunakan “post-test only control group design” dengan analisis data uji-t. Populasi penelitian ini yaitu siswa yang ada di Gugus VI Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2016/2017 sejumlah 130 siswa. Sampel Diambil menggunakan teknil random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Talking Stick Berbantuan media audio visual berbasis kearifan lokal dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick Berbantuan media audio visual berbasis kearifan lokal dengan perhitungan thitung = 3,35 > ttabel = 1,99 dengan signifikasi < 0,05. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol yaitu 24,61>20,50. Hal ini menunjukkan model pembelajaran Talking Stick Berbantuan media audio visual berbasis kearifan lokal berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PKn siswa.
Kata Kunci : hasil belajar, talking stick, media audio visual, kearifan lokal.

This study aims to determine the difference between learning outcomes of Civics between groups of students who are taught using learning models Talking Stick Assisted audio visual media based on local wisdom with groups of students who are not learned by using learning models Talking Stick Assisted audio visual media based on local wisdom. The study design used "post-test only control group design" with t-test data analysis. The population of this study is the students in Buleleng District VI Cluster 2016/2017 of 130 students. Sample Taken using random sampling technique. The results showed that there was a significant difference of learning outcomes of Civics between groups of students who were taught with learning models Talking Stick Aided audio visual media based on local wisdom and groups of students who did not learn by using learning model Talking Stick Assisted audio visual media based on local wisdom with the calculation Thitung = 3.35> ttable = 1.99 with significance <0.05. The average of experimental group learning outcomes is higher than control group that is 24,61> 20,50. This shows the instructional model Talking Stick Assisted audio visual media based on local wisdom has a significant effect on students' learning outcomes.
keyword : learning outcomes, talking stick, audio visual media, local wisdom.

Published

2017-07-16

How to Cite

., K. E. M., ., D. N. T. R., & ., D. I. K. S. M. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR . MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10726

Issue

Section

Articles