Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbasis Pendidikan Karakter terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai

Authors

  • Agatha Evangelia Putri .
  • Drs. I Gusti Agung Oka Negara,S.Pd. M.Ke .
  • Dr. M.G. Rini Kristiantari,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10765

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe numbered head together berbasis pendidikan karakter dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian untreated control group design with pretest-and posttest.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 451 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VB SD Negeri 4 Ubung sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB SD Negeri 2 Ubung sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPS diperoleh dengan instrumen berupa tes pilihan ganda biasa. Selanjutnya data dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis menunjukkkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan mengggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe numbered head together berbasis pendidikan karakter dan yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai tahun ajaran 2016/2017. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung 5,597 > ttabel 2,000 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = n1+n2 – 2= (34+34)-2 = 66. Demikian pula nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPS siswa kelompok eksperimen = 84,35 > = 72,88 rata-rata penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berbasis pendidikan karakter berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS Siswa kelas V SD Negeri Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai tahun ajaran 2016/2017.
Kata Kunci : numbered head together, pendidikan karakter, kompetensi pengetahuan IPS

This research aimed to determine the significant difference in the competence of social science knowledge between students group which is used to model cooperative learning typeed numbered head together type based on character education and students group which was taught using conventional learning at students of SD Negeri Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai academic year 2016/2017. This research is an experimental research with the research design is a quasi-experimental design (untreated control group design with pretest-and posttest.). The population in this research is all fifth graders in SD Negeri Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai in the academic year 2016/2017 as many as 451 students. Research sample is determined by random sampling technique. The sample in this research is grade VB SD Negeri 4 Ubung as experimental group and grade VB SD Negeri 2 Ubung as control group. Social science knowledge competence control data is collected with instruments in the form of multple choice test. Then the data is analyzed by t-test. The result of the analysis shows that there is a significant difference of social science knowledge competence among groups of students who are taught using cooperative learning model of numbered head together type based on character education and conventional learning of fifth grade in SD Negeri Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai in the academic year 2016/2017. This is evidenced by the tcount of 5.597> ttable 2,000 at the significant level of 5% with dk = n1 + n2 - 2 = (34 + 34) -2 = 66. Similarly the average score of knowledge competence of social science students experimental group = 84,35 > = 72,88 average mastery of social science knowledge competence of control group students. Thus it can be concluded that the application of cooperative learning model type numbered head together based on character education influence the knowledge competence of social science fifth grade in SD Negeri Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai in the academic year 2016/2017.
keyword : numbered head together, character education, knowledge competence of social science

Published

2017-07-18

How to Cite

., A. E. P., ., D. I. G. A. O. N. M., & ., D. M. R. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbasis Pendidikan Karakter terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10765

Issue

Section

Articles