PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS UNTUNG SURAPATI DENPASAR TAHUN AJARAN 2016/2017

Authors

  • Ni Kadek Eni Suryaningsih .
  • DB.KT.NGR. Semara Putra,S.Pd., M.For. .
  • Drs. I Gusti Agung Oka Negara,S.Pd. M.Ke .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10784

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan yang signifikan Penguasaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Untung Surapati Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang banyaknya 230 orang. Sampel ditentukan dengan random sampling dengan mengacak kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 14 Dangin Puri sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SD Negeri 7 Sumerta sebagai kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 34 siswa pada kelompok ekperimen dan 37 orang siswa pada kelompok kontrol. Data penguasaan kompetensi Pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif berjumlah 32 butir tes yang telah divalidasi. Data Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA dianalisis dengan t-test. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran Konvensional pada kelas IV . Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung= 7,75 > ttabel (α = 0,05, 69) = 2,000. Demikian pula nilai Rerata Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA siswa kelompok eskperimen = 86,85 > = 75,13 rerata penguasaan kompetensi Pengetahuan IPA siswa kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV.
Kata Kunci : Think Pair Share, kompetensi pengetahuan IPA

The purpose of this research in order to know the ionkadiction of scien is knowledge competence mastesy batwan the group students that follow kooperatif tipe think pair share (TPS) learning and the group student that follow convensional learning in grade IV SD Gugus Untung Surapati in academic year 2016/2017. Kind of this research is as am deceit experiment with using nonequivalent control group design research. The population of this research is all of the students in grade IV that amirint 230 persons. The sample is obtainable with random sampling. As the experiment sample is grade IV SD Negeri 14 Dangin Puri as the group eksperiment and grade IV SD Negeri 7 Sumerta as group control each group 34 student in group experiment and 37 students in group control. The data of science knowledge competence collected as an objective instrument test with 32 number of question that had been validation. This data is analysis by T-test. The result of analysis showed there is a significant difference in mastering knowledge sciences between the group students that leard by using kooperatif learning tipe think pair share (TPS) with the group student in using convensional learning. That’s proved with the quatification thitung= 7,75 > ttabel (a = 0,05, 69) = 2,000. Also for the average of mastering language sciences of group eksperiment student = 86,85 > = 75,13 the average mastering sciences of group control students. Thus can be conclude that kooperatif learning model TPS, had been influence toward knowledge science mastery of grade IV students SD Gugus Untung Surapati.
keyword : Think Pair Share, Knowledge Mastery of science

Published

2017-07-18

How to Cite

., N. K. E. S., ., D. S. P. M., & ., D. I. G. A. O. N. M. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS UNTUNG SURAPATI DENPASAR TAHUN AJARAN 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10784

Issue

Section

Articles