PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS KOMPYANG SUJANA TAHUN AJARAN 2016/2017

Authors

  • Ni Luh Ary Nirmalayati .
  • Dr. M.G. Rini Kristiantari,M.Pd .
  • Drs. I Gusti Agung Oka Negara,S.Pd. M.Ke .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10801

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus Kompyang Sujana Tahun Ajaran 2016/2017 yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division Berbantuan Media Gambar dan yang dibelajarkan dengan menggunakan Pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus Kompyang Sujana dengan jumlah populasi 596 siswa. Sampel diambil dengan teknik Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IVB SDN 1 Padangsambian sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVB SDN 10 Padangsambian sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 40 siswa pada kelompok ekperimen dan 40 orang siswa pada kelompok kontrol. Data tentang kompetensi pengetahuan IPA di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol dikumpulkan dengan instrumen berupa tes pilihan ganda biasa. Tes kompetensi pengetahuan IPA diberikan pada saat post test secara tertulis. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis uji-t dapat diketahui terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division Berbantuan Media Gambar dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran Konvensional (thit = 2,882 > ttabel = 2,000) dengan dk = 78 dan taraf signifikansi 5%. Demikian pula nilai rerata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eskperimen = 80,23 > = 73,6 rerata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Division Berbantuan Media Gambar berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus Kompyang Sujana Tahun Ajaran 2016/2017.
Kata Kunci : STAD, Media Gambar, kompetensi IPA.

Research to determine the significant differences of science knowledge competence of fourth grade students of SD Gugus Kompyang Sujana academic year 2016/2017 which was taught by using the model of Student Teams Achievement Division with Picture Media Learning and which was taught by using Conventional Learning. This type of research is a quasi experiment. The design of this research using "Nonequivalent Control Group Design". The population of this study is all students of fourth grade SD Gugus Kompyang Sujana with a population of 596 students. Samples were taken by Random Sampling technique. The sample in this research is the students of grade IVB SDN 1 Padangsambian as experimental class and the students of grade IVB SDN 10 Padangsambian as control class with the number of each group as many as 40 students in the experimental group and 40 students in the control group. Data on the knowledge competence of science in the experimental class as well as in the control class were collected with instruments in the form of ordinary multiple choice test. Science knowledge competence test is given at post test in writing. Furthermore, the data were analyzed by using t-test. The results showed that based on t-test analysis it can be seen that there is a significant difference of science knowledge competence of students who are taught by using learning model Student Teams Achievement Division with Media Assistance Picture and students taught using Conventional learning (thit = 2,882> ttabel = 2,000) with Dk = 78 and 5% significance level. Similarly, the average score of science knowledge competence of students of experimental group = 80.23> = 73.6 average knowledge competence of science students control group. This it can be concluded that the learning model Student Teams Achievement Division Assisted Media Picture significantly influence the knowledge competence of science class IV SD Gugus Kompyang Sujana academic year 2016/2017.
keyword : STAD, Media pictures, IPA competence.

Published

2017-07-18

How to Cite

., N. L. A. N., ., D. M. R. K., & ., D. I. G. A. O. N. M. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS KOMPYANG SUJANA TAHUN AJARAN 2016/2017 . MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10801

Issue

Section

Articles