PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD GUGUS II KECAMATAN MENDOYO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • Ni Made Meita Purnama_mahasiswa Sari .
  • Dr. Desak Putu Parmiti,MS .
  • Drs.I Gusti Ngurah Japa,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10830

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Matematika siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Discovry Learning dan siswa bukan dengan model pembelajran discovery learning pada kelas V di Gugus II Kecamatan Mendoyo tahun pelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah kelas V di Gugus II Kecamatan Mendoyo tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 152 orang. Sampel penelitian ini yaitu kelas V SD Negeri 1 Pergung yang berjumlah 23 orang, SD Negeri 3 Tegalcangkring yang berjumlah 17 orang, kelas V SD Negeri Delodbrawah yang berjumlah 23 orang dan SD Negeri 2 Pergung 16 orang. Data hasil belajar Matematika siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk obyektif. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata skor hasil belajar Matematika kelompok eksperimen lebih besar dari rata-rata skor hasil belajar matematika kelompok kontrol, hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Matematika siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Discovry Learning dan siswa bukan dengan model pembelajaran Discovry Learning.
Kata Kunci : model pembelajaran Discovery Learning, hasil belajar Matematika

This research aims to know the difference in results between students learning mathstudents who follow learning with model Discovry Learning and students not by model Discovery Learning in class V in Cluster II Sub Mendoyo years 2016/2017 lessons. The population of this research was a class V in Cluster II Sub Mendoyo 2016/2017 lesson that year totaled 152 people. The sample of this research that is classV SD Negeri 1 Pergung that add up to 23 people, SD Negeri 3 Tegalcangkring that add up to 17 people, class V SD Negeri Delodbrawah that add up to 23 people and SD Negeri 2 Pergung 16 people. Data results gathered with students learning mathtest objective-shaped instrument. The collected data were analyzed using descriptive statistics and statistical analysis inferensial (test-t). Results of the study showed that the average score results of the experimental group was learning math 12.91 larger than average score results learn math control group is 10.76 This proves that there is a difference of the results between students learning math students who follow learning with model Discovry Learning and students not by model Discovry Learning.
keyword : Discovery Learning l model, Mathematics learning outcomes

Published

2017-07-18

How to Cite

., N. M. M. P. S., ., D. D. P. P., & ., D. G. N. J. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD GUGUS II KECAMATAN MENDOYO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 . MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10830

Issue

Section

Articles