PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV

Authors

  • Putu Chan Wisjayani Dadri .
  • Drs. Made Putra, M.Pd .
  • Drs. I Wayan Darsana,M.Ed .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10833

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan hasil belajar Matematika siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus III Mengwi Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan Non-equivalen Group Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus III Mengwi Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi berjumlah 246 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling. Sampel penelitian berjumlah 62 orang siswa yaitu 32 orang siswa dari kelas IV SD No. 2 Sading yang menjadi kelompok eksperimen dan 30 orang siswa dari kelas IV SD No. 3 Sading yang menjadi kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Data hasil belajar Matematika dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif. Kemudian data dianalisis dengan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Matematika siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari hasil analisis uji t diperoleh bahwa thitung = 3,666 < ttabel = 2,000 dengan rata-rata nilai kelompok eksperimen 81,38 dan rata-rata kelompok kontrol 70,27. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Gugus III Mengwi Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci : NHT, hasil belajar matematika.

This research aimed to determine significant differences in math learning outcome students who thought by using Numbered Head Togeether model and students who konvensionalin the fourth graders elementary school group III Mengwi District Lesson Year 2016/2017. This research was a quasi-experimental design using "Nonequivalent Control Group Design". The population in this study were fourth grade students in elementary school group III Mengwi District Lesson Year 2016/2017. Total amount of population are 246 students. Determination of the sample is done by purposive random sampling technique. Total amount of experiment sample are 62 students, there are 32 students from class IV SD No. 2 Sading which become experiment group and 30 students from class IV SD No. 3 Sading which become control group. Mathematics learning outcomes data collected by instruments such as multiple choice tests. Then the data were analyzed by t-test. The results showed that there were significant differences in math learning outcome students that thought by using Numbered Head Togeether model and students who konvensional. This is evident from the results of t-test analysis found thitung = 3,666> ttabel = 2,000with an average value acquisition experimental group 81,38 average value of the control group 70,27. So, it can be concluded that the Numbered Head Togeether model affects on math learning outcome of the fourth grader in elementary school group III Mengwi District Lesson Year 2016/2017.
keyword : NHT, math learning outcome.

Published

2017-07-18

How to Cite

., P. C. W. D., ., D. M. P. M., & ., D. I. W. D. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10833

Issue

Section

Articles