PENGARUH MODEL TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 KALIUNTU

Authors

  • Kadek Erawati .
  • Prof. Dr. Nyoman Dantes .
  • Drs. Dewa Nyoman Sudana,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10882

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap keterampilan berbicara pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V Tahun Pelajaran 2016/2017 SD Negeri 3 Kalintu. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan desain penelitian one shot case study. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan penilaian unjuk kerja untuk keterampilan berbicara. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan dua tahap yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial, uji t (t-test). Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Time Token terhadap keterampilan berbicara pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V Tahun Pelajaran 2016/2017 SD Negeri 3 Kaliuntu. Dengan thitung =18,42 dan ttabel = 2,034 signifikan pada p<0,05.
Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Time Token, Bahasa Indonesia

This research intend to determine the effect of Time Token learning model on speaking skills in Indonesian language lesson of fifth grade students on the academic year 2016/2017 at SD Negeri 3 Kalintu. This research is a pre-experiment research with research design “one shot case study”. The population in this study amounted to 32 students. The sample of this research use technique random sampling. The data collected using performance assessment for speaking skills. The data were analyzed with two steps: descriptive statistic and inferensial statistic, t test (t-test). The results showed that there is a significant influence of Time Token learning model on speaking skills in Indonesian language lesson students of fifth grade students on the academic year 2016/2017 SD Negeri 3 Kaliuntu. With thitung = 18,42 and ttable = 2,034 significant to p<0,05.
keyword : Speaking Skills, Time Token, Indonesian language

Published

2017-07-19

How to Cite

., K. E., ., P. D. N. D., & ., D. D. N. S. (2017). PENGARUH MODEL TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 KALIUNTU . MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10882

Issue

Section

Articles