PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD

Nyoman Masa ., Drs. I Nyoman Murda,M.Pd. ., Luh Putu Putrini Mahadewi, S.Pd., M.S. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang di belajarkan menggunakan model pembelajaran make a match dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional pada siswa kelas V Semester Genap di Gugus IX Kecamatan Kintamani Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V di Gugus IX Kecamatan Kintamani tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 257 orang. Sampel diambil dengan cara random sampling yang berjumlah 45 orang siswa. Data hasil belajar IPS siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thit = 6,94 dan ttab (pada taraf signifikansi 5%) = 2,02. Hal ini berarti bahwa thit > ttab, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran make a match dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Dari rata-rata hitung, diketahui rata-rata kelompok eksperimen adalah 24 dan rata-rata kelompok kontrol adalah 18,25 Hal ini berarti bahwa rata-rata eksperimen > rata-rata kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match berpengaruh terhadap hasil belajar IPS. siswa kelas V di Gugus IX Kecamatan Kintamani.
Kata Kunci : make a match, hasil belajar

This research aimed to find out the differences in IPS learning outcome among students whom treated using make a match and a group of students whom treated using the conventional way at the fifth grade in elementary school Gugus IX Kintamani district in academic year 2016/2017. The kind of this research is experimental study. The population of this study is all of students at the fifth grade in Gugus IX in Kintamani district, which are 257 students. The sample taken by applying random sampling and it is gotten 45 students as sample.the data outcomes of Students’ IPS learning were collected by using instrument which is multiple choice. Collected data were analyzed using descriptive analytical analysis and inferential statistics (t-test). Based on the results of data analysis, obtained thit = 6,94 and ttab (at 5% significance level) = 2.02. This means that thit> ttab, so it can be interpreted that there is a significant difference of IPS learning outcomes between students who follow the learning with make a match learning model and students who follow the learning with conventional model. From the average average arithmetic, it is known that the experimental group is 24 and average control group is 18.25, it means that the average experiment> average control, so it can be concluded that the application of make a match learning model influences the learning outcomes of IPS. Grade V students in Gugus IX in Kintamani District.
keyword : make a match, learning outcome

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.