PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV

Authors

  • Ni Kadek Arsani .
  • Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS .
  • Dra. Nyoman Kusmariyatni,S.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10919

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelectual (SAVI) berbantuan Gerakan Literasi Sekolah dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen), dengan desain post test only control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD di Gugus VII Kecamatan Karangasem. Sampel penelitian ini adalah kelas IV SDN 1 Seraya Timur dan kelas IV SDN 3 Seraya Timur. Sampel ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t dengan rumus polled varians. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar PKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelectual (SAVI) berbantuan Gerakan Literasi Sekolah dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD di Gugus VII KecamatanKarangasem. Hal ini ditunjukan oleh t (8,533) > t (2,000). Selanjutnya, rata-rata (mean) kelompok eksperimen (21,324) lebih besar daripada rata-rata (mean) kelompok kontrol (14,313). Dengan demikian, model pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelectual (SAVI) berbantuan Gerakan Literasi Sekolah berpengaruh positif terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD tahun pelajaran 2016/2017 di Gugus VII Kecamatan Karangasem.
Kata Kunci : SAVI, Hasil Belajar.

This study is aimed at investigating the significance difference of PKn learning outcome among groups of students who is taught by using school-literacy-action assisted Somatic Audio Visual Intelligence (SAVI) learning model and the group of students taught by using conventional model. This study is a quasi experimental research which uses post test only control group design. The population of this research is the whole students who are in grade 4 in elementary school in cluster IV of Karangasem District. The samples are the 4th grade students of SDN 1 Seraya Timur and SDN 3 Seraya Timur. The samples are determined by using random sampling technique. The result of the learning process is collected by using a multiple choice test. The data gathered is analyzed by the help of descriptive-statistic analysis technique and inferential statistic T-test that managed with polled variants formula. The result of the study shows that there is a significant different on the student’s PKn learning outcome between the group of students taught by using school-literacy-action assisted Somatic Audio Visual Intelligence (SAVI) learning model and the one taught by using conventional model on the 4th grade students in cluster IV of Karangasem Distric. This is revealed by tcalculated (8,533) > ttable (2,000). The mean of the experimental group (21,314) is bigger than the mean of control group (14,313). In conclusion, school literacy action assisted Somatic Audio Visual Intelligence (SAVI) affect the PKn learning outcome of 4th grade elementary school students academic year 2015/2016 in cluster IV of Karangasem district.
keyword : SAVI, learning outcomes

Published

2017-07-19

How to Cite

., N. K. A., ., P. D. N. K. S., & ., D. N. K. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV . MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10919

Issue

Section

Articles