PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • Kadek Sri Wahyuni .
  • Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS .
  • Drs. Wayan Tirka,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10990

Abstract

Terdapat beberapa permasalahan dalam pembelajaran IPA pada kelas V SD di Desa Kalibukbuk yaitu (1) guru tidak menerapakan model pembelajaran yang inovatif, (2) guru tidak mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, dan (3) pembelajaran yang berlangsung didominasi dengan ceramah, tanya jawab, dan penugasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan metode make a match dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah dasar (SD) kelas V di Desa Kalibukbuk yang berjumlah 125 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan metode tes dan instrumen berupa lembar soal pilihan ganda yang berjumlah 30 butir soal. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan metode make a match dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional, dengan nilai thitung sebesar 6,41 dan ttabel sebesar 2,000. Artinya, thitung lebih besar dari ttabel. Sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif dengan metode make a match berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci : make a match, hasil belajar IPA.

There are some problems in learning science in class V SD in Kalibukbuk village that is (1) the teacher does not apply innovative learning model, (2) the teacher is not able to create a pleasant learning atmosphere, and (3) the learning that takes place is dominated by lecture, and assignments. The aim of this research is to know the difference of science learning achievement which is significant between the students group that is taught using cooperative learning model with make a match method and the group of students who are taught using conventional learning model in grade V of elementary school in Kalibukbuk village, Buleleng subdistrict, Buleleng regency 2016/2017. This type of research is a quasi-experimental study with non-equivalent design of post-test only control group design. The population in this study is all students of elementary school (SD) class V in Kalibukbuk Village, amounting to 125 students. The sample selection was done by random sampling technique. Student learning outcomes data collected by the test method and the instrument in the form of multiple choice questions about 30 items. The data obtained were then analyzed using descriptive and inferential statistical analysis techniques (t-test). The results showed that there were significant differences in the science learning outcomes between the groups of students who were taught using cooperative learning model with make a match method and the group of students who were taught using conventional learning model, with the tcount of 6.41 and the ttable of 2,000. That is, t count is bigger than ttable. So it can be said that cooperative learning model with make a match method influence on science learning outcomes of grade V SD students in Kalibukbuk Village, Buleleng District, Buleleng District Lesson Year 2016/2017.
keyword : make a match , science learning outcomes.

Published

2017-07-20

How to Cite

., K. S. W., ., P. D. N. K. S., & ., D. W. T. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10990

Issue

Section

Articles