PENGARUH MODEL BAMBOO DANCING BERBANTUAN LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD

Authors

  • Ni Wayan Yuniari .
  • I Made Citra Wibawa, S.Pd., M.Pd. .
  • Drs.I Gusti Ngurah Japa,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10997

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu (bamboo dancing) berbantuan lingkungan sekitar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V gugus VI Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V di gugus VI Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling berjumlah 47 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan metode tes. Data dianalisis mengunakan analisis statistik deskriptif dan statistik infrensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu (bamboo dancing) berbantuan lingkungan sekitar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V gugus VI Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal tersebut dapat dilihat dari analisis data mengunakan uji-t diperoleh thitung lebih besar dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5%.
Kata Kunci : bamboo dancing ,lingkungan, hasil belajar.

This research aims to know there is a significant influence of cooperative learning model cooperative type bamboo dancing assisted the environment around a positive effect towards learning outcomes social science grade V semester II primary school Cluster VI sub district of Buleleng Regency of Buleleng Lesson 2016/2017 Year. Poulasi penelitaian this is grade V in the cluster VI Subdistrict of Buleleng Regency of Buleleng Lesson 2016/2017 Year. The sample was taken by simple random sampling techniques amounted to 47 people. Research data obtained by using learning test method. The data is analyzed by using descriptive statistical analysis and inferential statistic (uji-t). The results showed there was a significant influence on cooperative learning model cooperative type bamboo dancing assisted the environment around a positive effect towards learning outcomes social science grade V semester II primary school Cluster VI sub district of Buleleng Regency of Buleleng Lesson 2016/2017 Year. Analyzes data using t-test retrieved tcalculate greater than ttable on level of significance of 5%.
keyword : bamboo dancing, enviroment, result study

Published

2017-07-20

How to Cite

., N. W. Y., ., I. M. C. W. S. M., & ., D. G. N. J. (2017). PENGARUH MODEL BAMBOO DANCING BERBANTUAN LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10997

Issue

Section

Articles