PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD

Authors

  • Ida Ayu Kade Novia Puspita Dewi .
  • Dr. Desak Putu Parmiti,MS .
  • Drs.I Gusti Ngurah Japa,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar Pkn antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan kelompok siswa yang dibelajarkan bukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas V di SD Gugus III Kecamatan Bangli. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah kelompok siswa kelas V di SD Gugus III Kecamatan Bangli yang terdiri dari 136 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelompok siswa kelas V SD Negeri 1 Cempaga yang berjumlah 33 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelompok siswa kelas V SD Negeri 2 Cempaga yang berjumlah 37 siswa sebagai kelompok kontrol yang ditentukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data hasil belajar PKn dilakukan dengan metode tes dan instrumen yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa thit(3,92) > ttab(1,99), sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan. Rerata hasil belajar PKn pada kelompok eksperimen yaitu 14,45 dan kelompok kontrol yaitu 10,46. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh positif terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Bangli tahun ajaran 2016/2017.
Kata Kunci : hasil belajar, PKn, Teams GamesTournament (TGT)

TThe purpose of this research is to know the significant differences of PKn learning result among the students that use cooperative learning type Teams Games Tournament (TGT) in learning process and the students that do not use cooperative learning type Teams Games Tournament (TGT) in the learning process on fifth grade students in cluster III elementary school at Bangli region. This research is pseudo experimental research with nonequivalent-post-test-only-control-group design. The populations of this research are the group of fifth grade students in cluster III elementary school at Bangli region that consists of 136 students. The samples on this research are the group of fifth grade students of SD Negeri 1 Cempaga that consists of 33 students as experimental group and the group of fifth grade students of SD Negeri 2 Cempaga that consists of 37 students as controlling group that are chosen using random sampling technique. The data collection of PKn learning result is done using test method and instrument in form of objective test. The data that have been collected are analyzed using descriptive statistical analysis and inferential analysis (uji-t). Based on the result of the analysis, obtained that thit(3,92) > ttab(1,99), so H0 is rejected which means there is a significant influence. The average learning result of PKn in the experimental group is 14,45 and in the controlling group is 10,46. So, we can conclude that the implementation of cooperative learning type Teams Games Tournament (TGT) has positive influence on the PKn study result of the fifth grade students in cluster III elementary school at Bangli region school year 2016/2017.
keyword : learning result, PKn, Teams Games Tournament (TGT)

Published

2017-07-20

How to Cite

., I. A. K. N. P. D., ., D. D. P. P., & ., D. G. N. J. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD . MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11019

Issue

Section

Articles