Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD Gugus 1 Dalung Tahun Ajaran 2016/2017.

Authors

  • Luh Pt Dian Krisna Anggreni .
  • Drs. I Komang Ngurah Wiyasa, M.Kes. .
  • Dr. I G. A. Agung Sri Asri,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media audio visual dan siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus 1 Dalung Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus 1 Dalung dengan jumlah populasi 463 siswa. Sampel diambil dengan teknik Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 1 Dalung sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN 2 Dalung sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 32 siswa pada kelompok ekperimen dan 32 orang siswa pada kelompok kontrol. Data tentang penguasaan kompetensi pengetahuan IPS di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol dikumpulkan dengan instrumen berupa tes pilihan ganda. Tes penguasaan kompetensi pengetahuan IPS diberikan pada saat post test secara tertulis. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji-t.hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis uji-t dapat diketahui terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media audio visual dengan siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional (thit = 4,91 > ttabel = 2,00) dengan dk = 62 dan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw bebantuan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus 1 Dalung Tahun Ajaran 2016/2017.
Kata Kunci : kooperatif tipe jigsaw , audio visual, kompetensi pengetahuan IPS

This study aims to determine the significant diffey ences in the competence of know ledge of students who learned through cooperative learning model of jigsaw type that assisted with audio visual media and the students who learned through conventional learning model of fourth grade students of SDN Gugus 1 Dalung in Academic Year 2016/2017. This type of this research is quasi experiment. The design of this study is using “Nonequivalent Control Group Design”. The populations of this study were all students of fourth grade of SDN Gugus 1 Dalung with the total populations was 436 students. The samples was taken by random sampling technique. The samples in this study were fourth grade students of SDN 1 Dalung as experimental class and the fourth grade student of SDN 2 Dalung as control class with the total of each group was 32 students in experiment group and 32 students in control group. The data about mastering the competence of IPS knowledge in the experimental as well as in the control class were collected by instruments in the form of multiple choice test. IPS knowledge competency mastering test is given in the post test in writing. Then the data were analyzed by using t-test. The result showed that based on t-test analysis can be seen there are significant differences in the competence of IPS knowledge of students who are taught by by cooperative learning model of jigsaw type that assisted with audio visual media with students who get conventional learning model (thit = 4,91 > ttabel = 2,00) with dk = 62 and 5% significance level. So it can be conclude that the model of cooperative learning of Jigsaw type that assisted with audio visual media that has significant in fluence on the competence of IPS knowledge of fourth grade students of SDN Gugus 1 Dalung in Academis Year 2016/2017.
keyword : Model of Jigsaw Type, Audio Visual , IPS Knowledge Competence.

Published

2017-07-20

How to Cite

., L. P. D. K. A., ., D. I. K. N. W. M., & ., D. I. G. A. A. S. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD Gugus 1 Dalung Tahun Ajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11020

Issue

Section

Articles