PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN NEGARA KABUPATEN JEMBRANA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • Putu Ika Krishna Novelinda .
  • Dra. Ni Wayan Arini,M.Pd .
  • Putu Nanci Riastini, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick berbantuan media diorama terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan non equivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus I Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 106 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian yaitu kelompok siswa kelas V SDN 4 Baler Bale Agung yang terpilih sebagai kelompok eksperimen dan kelompok siswa kelas V SDN 5 Baler Bale Agung sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar IPA dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan uji-t polled varians. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Talking Stick dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Temuan yang diperoleh yaitu pembelajaran menggunakan model Talking Stick membuat siswa terlibat aktif, antusias mengikuti pembelajaran, lebih siap dan berani tampil mengemukakan pendapat di depan kelas.
Kata Kunci : Talking Stick, Media Diorama, hasil belajar IPA

This research aims to determine the effect of learning model Talking Stick assisted diorama media to the results of science learning. This research type is quasi experiment research, with non equivalent posttest only control group design. The population of this research is all of class V SD in Gugus I District of Jembrana District of Lessons Year 2016/2017 totaling 106 people. Sampling using random sampling technique. The sample of the research is the group of students of grade V SDN 4 Baler Bale Agung selected as the experimental group and the group of students of grade 5 SDN 5 Baler Bale Agung as the control group. IPA learning outcomes were collected using multiple choice tests. The data obtained were analyzed using descriptive analysis and inferential analysis using the t-test polled variance. The result of hypothesis testing shows that there are differences of science learning outcomes between groups of students who follow the learning using Talking Stick model and group of students who follow conventional learning. The findings obtained are learning using Talking Stick model to make students actively involved, enthusiastic to follow learning, more ready and dare to show opinion in front of class.
keyword : Talking Stick, Media Diorama, science learning outcomes.

Published

2017-07-20

How to Cite

., P. I. K. N., ., D. N. W. A., & ., P. N. R. S. M. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN NEGARA KABUPATEN JEMBRANA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11021

Issue

Section

Articles