PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMEN BERBASIS CTL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV TAHUN AJARAN 2016/2017 DI GUGUS II KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG

Authors

  • Ni Kadek Somawati .
  • Dr. Desak Putu Parmiti,MS .
  • Drs. Wayan Tirka,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang signifikan pada pembelajaran IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbasis CTL dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas IV Semester II di SD Gugus II Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV di SD Gugus II Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 88 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas IV SD No 4 Gitgit yang berjumlah 17 siswa dan siswa kelas IV SD No 2 Gitgit yang berjumlah 17 siswa. Data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikansi antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbasis CTL dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV Semester II di SD Gugus II Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2016/2017. Perbandingan hasil perhitungan rata-rata skor hasil belajar IPA kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbasis CTL adalah 20,64 lebih besar dari rata-rata skor hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional sebesar 10,35. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, diperoleh thit= 10,14 dan ttab=2,021 dapat ditarik kesimpulan bahwa, thit > ttab, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Adanya perbedaan yang signifikansi menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbasis CTL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : hasil belajar, IPA, TGT

This study aims to determine the differences in learning outcomes are significant in science learning between groups of students who were taught with cooperative learning model type Teams Games Tournament based on CTL with students who follow conventional learning grade IV Semester II at SD Gugus II Sukasada District Buleleng District. This type of research is a quasi-experimental study. The population of this study is all of class IV in SD Gugus II Sukasada District Buleleng District Lesson Year 2016/2017 which amounted to 88 students. The sample of this research is class IV SD No 4 Gitgit which amounts to 17 students and fourth graders of SD No 2 Gitgit with 17 students. Learning result data using multiple choice test. The data obtained were analyzed using descriptive statistical and inferential statistical techniques, ie t-test. The results of this study indicate that there are differences in science learning outcomes that are significant between students using cooperative learning model type Teams Games Tournament based on CTL with students who follow conventional learning in fourth graders of second semester at SD Gugus II Sukasada Sub-district Buleleng District Lesson 2016/2017 . Comparison of calculation result of average score of science learning result of group of students who follow cooperative learning model of type of Teams Games Tournament based on CTL is 20,64 bigger than mean score of science learning result of student that follow conventional learning equal to 10.35. Based on the result of t-test, obtained thit = 10,14 and ttab = 2.021 can be concluded that, thit> ttab, so H0 rejected and H1 accepted. The existence of significant differences indicate that learning using cooperative learning model of Teams Games Tournament type based on CTL influenced student learning outcomes compared to students who follow conventional learning.
keyword : Keywords: learning outcomes, science, TGT

Published

2017-07-20

How to Cite

., N. K. S., ., D. D. P. P., & ., D. W. T. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMEN BERBASIS CTL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV TAHUN AJARAN 2016/2017 DI GUGUS II KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11025

Issue

Section

Articles