PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD

Authors

  • Kadek Yuni Artati .
  • Prof. Dr. Anak Agung Gede Agung,M.Pd .
  • I Made Citra Wibawa, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11026

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan pada beberapa masalah yang ditemukan, yaitu: 1) Guru kurang menggunakan model pembelajaran yang mampu mengajak siswa untuk aktif mengikuti proses pembelajaran. 2) Hasil belajar IPA pada siswa kelas V masih dibawah nilai KKM sekolah. 3) Guru kurang mengajak siswa dalam kegiatan diskusi kelompok saat proses pembelajaran. 4) Guru kurang mengajak siswa bermain dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017 di SD Gugus IV Kecamatan Buleleng. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Buleleng yang berjumlah 141 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Penglatan berjumlah 30 siswa dan siswa kelas V SD Negeri 2 Alasangker berjumlah 29 siswa, yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan metode tes berbentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji–t polled parians). Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan rata–rata kelompok eksperimen adalah 21,7 sedangkan rata-rata kelompok kontrol adalah 17,24 hal ini berarti rata-rata eksperimen > rata-rata kontrol. Selanjutnya hasil analisis statistik inferensial menunjukkan hasil thitung 3,07 > ttabel 1,67. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V semester genap tahun pelajaran 2016/2017 di Gugus IV Kecamatan Buleleng.
Kata Kunci : kooperatif tipe tgt, hasil belajar IPA

The study was conducted based on several problems found, namely: 1) Teachers are less use of learning models that can invite students to actively follow the learning process. 2) The results of science learning in grade V students are still below the value of school KKM. 3) Teachers do not invite students in group discussion activities during the learning process. 4) Teachers do not invite students to play in the learning process. The purpose of this study is to determine the significant effect of cooperative learning model type TGT to science learning outcomes of grade V students even semester of 2016/2017 in SD Gugus IV Buleleng District. This research is a quasi experiment (quasi experiment) research with post-test only control group design. The population of this research is the students of grade V of elementary school in Gugus IV Buleleng subdistrict which amounts to 141 students. The sample of this study is the students of grade V of SD Negeri 1 Penglatan amounting to 30 students and students of grade V SD Negeri 2 Alasangker amounted to 29 students, determined by random sampling technique. Student learning outcomes data were collected by multiple choice-shaped test method. The data obtained were analyzed using descriptive and inferential statistical analysis techniques (t-test polled parians). The result of descriptive statistic analysis shows that the experiment group average is 21.7 while the control group average is 17.24 this means the average of the experiment > the average control. Furthermore, the result of inferential statistical analysis shows the result tcount 3.07 > ttable 1.67. Thus it can be concluded that cooperative learning model type TGT has a significant influence on the results of science learning in grade V SD in Gugus IV Buleleng District.
keyword : cooperatif type TGT, learning outcome of science.

Published

2017-07-20

How to Cite

., K. Y. A., ., P. D. A. A. G. A., & ., I. M. C. W. S. M. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD . MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11026

Issue

Section

Articles