PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM TIPE VAK (VISUAL AUDIOTORY KINESTHETIC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SESETAN

Authors

  • Ni Luh Pt. A., I Wy. Rinda Suardika, I.B. Surya Manuaba

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1185

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mendapatkan pembelajaran model pembelajaran Kuantum tipe VAK (Visual Audiotory Kinesthetic) dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sesetan . Jenis penelitian ini Quasi eksperimen  menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Sesetan yang berjumlah 124 orang terdiri dari 3 kelas, yaitu kelas VA, kelas VB, dan kelas VC. Sampel penelitian ini adalah kelas VC sebagai kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran kuantum tipe VAK (Visual Audiotory Kinesthetic) dan kelas VA sebagai kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif pilihan ganda. Analisis data yang menggunakan rumus  (t-test). Perolehan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih  besar dari kelas kontrol yaitu sebesar 77,72 ≥ 69,75. Dibuktikan dengan hasil thitung ≥ ttabel yaitu sebesar 3,0419 ≥ 1,980 Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Kuantum tipe VAK (Visual Audiotory Kinesthetic) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Sesetan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kuantum tipe VAK (Visual Audiotory Kinesthetic) memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas  V SD Negeri 2 Sesetan, Keacamatan Denpasar Selatan tahun ajaran 2012/2013.

 

Kata-kata kunci: model pembelajaran, Kuantum tipe Visual Audiotory Kinesthetic, hasil belajar

 

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I.B. Surya Manuaba, N. L. P. A. I. W. R. S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM TIPE VAK (VISUAL AUDIOTORY KINESTHETIC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SESETAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1185

Issue

Section

Articles