PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM TIPE VAK (VISUAL AUDIOTORY KINESTHETIC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SESETAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1185Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mendapatkan pembelajaran model pembelajaran Kuantum tipe VAK (Visual Audiotory Kinesthetic) dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sesetan . Jenis penelitian ini Quasi eksperimen menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Sesetan yang berjumlah 124 orang terdiri dari 3 kelas, yaitu kelas VA, kelas VB, dan kelas VC. Sampel penelitian ini adalah kelas VC sebagai kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran kuantum tipe VAK (Visual Audiotory Kinesthetic) dan kelas VA sebagai kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif pilihan ganda. Analisis data yang menggunakan rumus (t-test). Perolehan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol yaitu sebesar 77,72 ≥ 69,75. Dibuktikan dengan hasil thitung ≥ ttabel yaitu sebesar 3,0419 ≥ 1,980 Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Kuantum tipe VAK (Visual Audiotory Kinesthetic) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Sesetan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kuantum tipe VAK (Visual Audiotory Kinesthetic) memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Sesetan, Keacamatan Denpasar Selatan tahun ajaran 2012/2013.
Kata-kata kunci: model pembelajaran, Kuantum tipe Visual Audiotory Kinesthetic, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)