MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SARASWATI TABANAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1186Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar materi pecahan dalam Mata Pelajaran Matematika antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan Pembelajaran Konvensional pada siswa kelas IV SD Saraswati Tabanan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Saraswati Tabanan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 140 orang siswa. Sampel penelitian ditetapkan sebanyak 2 kelas dengan 70 orang siswa yang ditentukan dengan teknik random sampling. Pre-test dalam desain ini digunakan untuk menyetarakan kelompok populasi dengan menganalisis skor sumatif Matematika siswa kelas IV pada semester I. Data mengenai hasil belajar Materi Pecahan dalam mata pelajaran Matematika dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan teknik t-test dengan thitung= 2.88, ttabel= 2.02 pada taraf signifikansi 5% dan dk = 34 n1 - 1 atau n2 - 1 sehingga diperoleh thitung > ttabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar materi pecahan dalam Mata Pelajaran Matematika antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan Pembelajaran Konvensional pada siswa kelas IV SD Saraswati Tabanan. Rerata hasil belajar matematika siswa di kelompok eksperimen adalah 74.23 dan kelompok kontrol adalah 67.14. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar materi pecahan dalam mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD Saraswati Tabanan.
Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pembelajaran Matematika di SD, Hasil Belajar Matematika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)