MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL INTERAKTIF BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PENALARAN BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR METEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1189Abstract
Abstrak
Hasil belajar matematika di sekolah dasar masih belum optimal, sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang mampu menciptkan hasil belajar matematika secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konseptual interaktif yang berorientasi pada kemampuan penalaran dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasinya seluruh siswa kelas IV SD Gugus Budi Utomo Denpasar Timur. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar matematika dengan tes esay yang berjumlah 10 butir. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifiakan hasil belajar matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konseptual interaktif yang berorientasi pada kemampuan penalaran dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari analisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5% dan dk=68 didapat dan . Rata-rata nilai hasil belajar matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konseptual interaktif yang berorientasi pada kemampuan penalaran sebesar 82,09, sedangkan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 69,39. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika yang dicapai oleh kelas yang belajar menggunakan model pembelajaran konseptual interaktif yang berorientasi pada kemampuan penalaran lebih baik dibandingkan dengan kelas yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Ini berarti model pembelajaran konseptual interaktif yang berorientasi pada kemampuan penalaran berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.
Kata kunci: Model Pembelajaran konseptual interaktif, penalaran, dan hasil belajar Matematika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)